Bang Emrus Sebut Ahok Bisa Seperti Nelson Mandela

Bang Emrus Sebut Ahok Bisa Seperti Nelson Mandela
Pengamat politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Emrus Sihombing menilai Basuki Tjahaja Purnama bisa menjadi sosok seperti Nelson Mandela yang getol memperjuangkan pluralisme. Menurutnya, mantan gubernur DKI yang kondang disapa dengan panggilan Ahok itu cocok untuk menggeluti bidang sosial kemasyarakatan setelah bebas nanti.

"Saya kira bidang yang tepat bagi Ahok setelah bebas itu bergerak di social movement. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan makna pluralisme," ujar Emrus kepada JPNN, Kamis (15/3).

Emrus menambahkan, Ahok cocok menjadi tokoh pluralisme karena pengalamannya sebagai korban gerakan eksklusif yang tidak hanya membuatnya kalah dalam Pilkada DKI Jakarta 2017, tapi juga terpaksa harus mendekam di balik terali besi. Karena itu, Ahok bisa menjadi pejuang sosial kemasyarakatan.

"Artinya, social movement tentang pluralisme, kebangsaan, kebersamaan dan tidak membedakan seseorang berdasarkan suku, agama, ras dan antargolongan," ucapnya.

Pengajar di Universitas Pelita Harapa itu lantas mencontohkan pengalaman Nelson Mandela. Tokoh yang gemar mengenakan batik itu mendekam di penjara selama puluhan tahun sebelum menjadi presiden Afrika Selatan.

Setelah terbebas dari penjara karena menentang sistem apartheid yang membedakan kulit hitam dari kulit putih, Mandela tidak mendendam. Dia justru merangkul semua kalangan untuk membawa perubahan lebih baik bagi Afrika Selatan.

"Nah, dengan bebasnya Ahok diharapkan dapat menjadi Nelson Mandela Indonesia. Dia sebagai korban sebaiknya memaafkan. Tak boleh menghabiskan waktu mempersoalkan apa yang telah terjadi," kata Emrus.(gir/jpnn)

 


Basuki T Purnama bisa menjadi sosok seperti Nelson Mandela jika setelah bebas nanti mau memperjuangkan pluralisme dan menggeluti bidang sosial kemasyarakatan.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News