Bangga Lihat Industri Kecil di Jateng Masih Bisa Ekspor, Ganjar: Tolong Dibantu Habis-habisan

Bangga Lihat Industri Kecil di Jateng Masih Bisa Ekspor, Ganjar: Tolong Dibantu Habis-habisan
Gubernur Ganjar Pranowo mengunjungi kegiatan Produksi UKM Sarung Goyor "Fahaltex" di Kota Tegal. Foto: ist

jpnn.com, TEGAL - Hampir seluruh kegiatan industri terpuruk di tengah pandemi COVID-19. Terutama industri kecil yang merasakan imbas cukup berat dari wabah berbahaya tersebut.

Namun, di Jawa Tengah, beberapa industri kecil dan menengah masih bisa tumbuh bahkan tetap ekspor ke luar negeri di tengah pandemi.

Salah satunya industri kecil menengah yang masih eksis bernama PT Altatex Jaya yang ada di Jl Kauman Tengah, Kota Tegal.

Industri yang bergerak di bidang tekstil dengan produk utama sarung goyor ini bahkan masih tetap ekspor ke beberapa negara Timur Tengah.

Tak hanya itu, ada pula UKM produksi batik tulis Cempaka Mulya yang tetap berproduksi. Dengan 200 pekerja, UKM itu masih berproduksi dan menerima pesanan dari luar.

Untuk industri sarung goyor, industri ini dijalankan dua kakak beradik bernama Fahmi Lukman dan Nabil Lukman ini masih berjalan sampai saat ini. Meski pasar Jeddah, Arab Saudi tutup karena lockdown, namun pasar lain masih bagus.

"Di Dubai, Kenya dan Somalia masih menerima. Kami sampai sekarang masih tetap ekspor ke negara-negara itu," kata Fahmi.

Menurutnya, COVID-19 ini memang menghantam penjualan dalam negeri. Namun, untuk ekspor, pangsa pasar tetap terbuka.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mendorong para kepala daerah di Jateng memerhatikan industri kecil yang masih bertahan dan tetap melakukan ekspor ke luar negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News