Bangga Menjadi Guru SMA 8 Jakarta: Memoar Wartawan dan Pendidik Bernama Suradi

Bangga Menjadi Guru SMA 8 Jakarta: Memoar Wartawan dan Pendidik Bernama Suradi
Suradi, M.Si menerbitkan buku berjudul “Bangga Menjadi Guru SMA 8 Jakarta: Sebuah Memoar”. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Setiap orang punya cerita dan kisahnya dalam profesi yang digelutinya. Kisah yang menarik dan inspiratif tentu akan bermanfaat bagi banyak orang apabila hal itu dituliskan dalam sebuah buku.

Hal itulah yang dilakukan dengan Suradi, M.Si dengan menerbitkan buku berjudul “Bangga Menjadi Guru SMA 8 Jakarta: Sebuah Memoar ” yang diberi pengantar oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, yang juga alumnus SMA 8 Jakarta tahun 1974.

Buku yang diterbitkan oleh Diomedia, Juni 2021 ini berkisah tentang pengalaman Suradi sebagai guru honorer di SMA 8 Jakarta selama sebelas tahun, 1989-2000. Selama rentang  waktu yang sangat panjang itu Suradi memang tidak berusaha untuk mengikuti tes sebagai calon pegawai negeri sipil (PNS) sehingga dapat menjadi guru tetap.

Pasalnya, penulis memang tidak ingin menjadi PNS dan sebaliknya ingin berkarier sebagai jurnalis.

Dalam buku setebal 250 halaman ini, penulis mengulas perjalanan kisahnya dari murid SMA 8 Jakarta, kemudian kuliah di UI dan kembali ke sekolahnya sebagai guru honorer. Rencana hanya ingin mengajar selama satu tahun sambil menyelesaikan studi sarjananya, penulis akhirnya ‘keterusan’ mengajar hingga sebelas tahun.

Sempat jeda beberapa tahun setelah berhenti mengajar karena kesibukan yang tak dapat ditinggalkan lagi sebagai jurnalis, Suradi ‘balik lagi’ ke SMA 8 Jakarta, tetapi kali ini sebagai orang tua murid. Sebab dua putrinya diterima di SMA 8 Jakarta tahun 2013 dan 2014.

Kembali ke sekolah sebagai orang tua siswa, naluri kepeduliannya terhadap sekolah tercinta kembali muncul.

Dia pun aktif sebagai perwakilan orang tua dan kemudian menjadi anggota Komite Sekolah, hingga saat ini.

Suradi menerbitkan buku berjudul 'Bangga Menjadi Guru SMA 8 Jakarta: Sebuah Memoar' yang diberi pengantar oleh Menteri LHK Siti Nurbaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News