Banggar DPR RI Apresiasi Pertamina Atas Kesediaan Berbagi Beban

Banggar DPR RI Apresiasi Pertamina Atas Kesediaan Berbagi Beban
Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah memberikan apresiasi kepada PT Pertamina untuk berbagi beban (burden sharing) sebagai respons atas kenaikan harga minyak dunia yang masih bertahan di atas 100 USD per barel.

Dari sisi APBN, Banggar DPR telah memberikan persetujuan kepada pemerintah untuk menambah alokasi subsidi energi sebesar Rp 74,9 triliun dan tambahan alokasi kompensasi BBM dan listrik sebesar Rp 275,0 triliun.

Adapun kompensasi ini diperuntukkan BBM sebesar Rp 234,0 triliun dan listrik Rp 41,0 triliun.

“Terima kasih kepada Pertamina atas kesediaan berbagi beban,” ujar Said di Jakarta, Kamis (9/6).

Diketahui, pada tanggal 19 Mei 2022 lalu, pemerintah yang diwakili oleh Menteri Keuangan (Menkeu) bersama Banggar DPR menyetujui perubahan postur APBN 2022.

Perubahan ini dilatarbelakangi oleh pergeseran asumsi Indonesian Crude Price (ICP) pada APBN 2022 yang semula di patok 60 USD perse barel.

Padahal harga ICP terus merangkak naik hingga di atas rata-rata 100 USD per barel.

Menurut Said, Banggar DPR tidak menghendaki APBN berdarah-darah sehingga cepat menyetujui perubahan APBN 2022 yang diajukan oleh pemerintah.

Banggar DPR RI memberikan apresiasi kepada PT Pertamina untuk berbagi beban sebagai respons atas kenaikan harga minyak dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News