Bangkitkan Semangat Kemerdekaan, 9 Film Perjuangan Ini Layak Ditonton

Bangkitkan Semangat Kemerdekaan, 9 Film Perjuangan Ini Layak Ditonton
Cuplikan film Wage. Foto: Antara/Opshid Media.

jpnn.com, JAKARTA - Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia kembali harus dilakukan di rumah tanpa ada kemeriahan seperti sebelum pandemi.

Meski demikian, semangat perjuangan jangan sampai ikut turun. Sebab, ada sederet film perjuangan yang mampu membangkitkan rasa cinta tanah air.

Tokoh-tokoh yang digambarkan dalam film tersebut pun bisa membuat orang terinspirasi sekaligus mengenal sosok pahlawannya.

Pengin tahu film-film apa sih? Yuk, simak rangkuman beberapa film nasionalisme yang bisa ditonton di rumah.

Perburuan

Film yang diangkat dari novel karya Pramoedya Ananta Toer ini bercerita tentang enam bulan setelah kegagalan PETA melawan Jepang. Hardo (Adipati Dolken) diburu oleh tentara Jepang karena dianggap sebagai otak dari pemberontakan.

Dalam sebuah pengejaran selama satu hari dan satu malam menjelang proklamasi kemerdekaan, sebuah drama perjuangan terungkap. Kekejaman Jepang, pengkhianatan ayah tunangannya serta sahabat tak membuat Hardo patah semangat merebut kemerdekaan.

Wage

Film ini merupakan biografi dari pencipta lagu kebangsaan "Indonesia Raya", Wage Rudolf Soepratman yang dirilis pada 2017. Lagu ini pertama kali dikumandangkan pada 28 Oktober 1928 dalam Kongres Pemuda 2 atau yang dikenal dengan Sumpah Pemuda.

Dalam pembuatannya, lagu "Indonesia Raya" merupakan perwujudan dari bangkitnya kesadaran pemuda-pemuda Indonesia dalam melawan penjajah. Semangat itulah yang membuat Wage berani meninggalkan segala kemewahan yang didapatnya di Makassar dan kembali ke tanah Jawa.

Berikut adalah sederet film perjuangan yang bisa membangkitkan semangat kemerdekaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News