Bangun Instalasi CNG Storage, PLN Gandeng PT PAL

Bangun Instalasi CNG Storage, PLN Gandeng PT PAL
Bangun Instalasi CNG Storage, PLN Gandeng PT PAL
JAKARTA -  Untuk memperkuat sistim kelistrikan di wilayah Sumatera Bagian Tengah terutama di Provinsi Jambi, PT PLN (Persero) gandeng PT PAL Indonesia. Keduanya telah bersepakat bekerja sama dalam penyediaan instalasi Compressed Natural Gas (CNG) Storage yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pembangkit peaking di Jambi. 

Kerjasam ini tertuang adalam Nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang ditandatangani Dirut PT PLN, Dahlan Iskan dan Dirut PT PAL Indonesia, Harsusanto di Kantor PLN Pusat, Senin (9/5).   ‘’ Pembangunan instalasi CNG Storage di Jambi ini nantinya akan digunakan untuk menjamin pasokan gas ke pembangkit peaking untuk meningkatkan keandalan pasokan daya pada saat beban puncak (Peaker). Sekarang ini, rata-rata beban puncak pemakaian listrik di Provinsi Jambi mencapai sekitar 286 MW dengan total jumlah pelanggan sekitar  246.395 “, kata Dahlan usai melakukan penandatangan.

Lebih lanjut Dahlan menjelaskan,  di daerah Jambi selama ini tersedia sumber gas alam yang cukup melimpah, yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pembangkit peaking dengan teknologi Compressed Natural Gas (NNG).  Teknologi ini katanya, memproses pemamfaatan gas selama periode di Luar  Waktu Beban Puncak (LWBP) dan menampungnya ke dalam suatu penampungan gas (Cylinder Tank Container). Kemudian, pada saat Waktu Beban Puncak (WBP) akan memasok gas tersebut ke pembangkit.

‘’Nantinya, instalasi CNG Plant dan pembangkit peaking akan dibangun sedekat mungkin dengan lokasi sumur gas Sei Gelam 1 yang memiliki kapasitas produksi 2,5 MMSCFD. Ini akan dihubungkan dengan sumur gas Sei Gelam 2 dengan kapasitas 2 MMSCFD melalui pipa gas sepanjang 10,5 Km,’’ terangnya.

JAKARTA -  Untuk memperkuat sistim kelistrikan di wilayah Sumatera Bagian Tengah terutama di Provinsi Jambi, PT PLN (Persero) gandeng PT PAL

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News