Bangun Terminal Modern, Pelindo III Kucurkan Dana Rp 245 miliar

Bangun Terminal Modern, Pelindo III Kucurkan Dana Rp 245 miliar
Bangun Terminal Modern, Pelindo III Kucurkan Dana Rp 245 miliar

jpnn.com - SURABAYA -- PT Pelindo III akan segera menguji coba pengngoperasikan terminal penumpang modern Pelabuhan Tanjung Perak, setelah pembangunan fasilitas publik rampung dikerjakan. Saat ini pengerjaannya sudah sampai 50 persen.

"Sampai awal Februari 2014 ini pembangunan proyek itu sudah terealisasi sebanyak 52 persen. Kita targetkan Mei sudah bisa beroperasi," ujar Kepala Humas PT Pelindo III, Edi Priyanto melalui keterangan tertulisnya, Rabu (5/2).

Dia berharap pengerjaannya akan selesai bersamaan dengan Terminal Teluk Lamong. Tahapan pembangunan terminal penumpang modern itu meliputi pembangunan fisik, mechanical elektrikal, pengadaan garbarata (belalai gajah) dan mebelair.

"Selain itu, dalam waktu dekat akan kami pasang aluminium composite panel (ACP) yang merupakan panel untuk menutup gedung yang merupakan bahan lapisan luar dinding," terang dia.

Secara keseluruhan, tambah Edi, revitalisasi terminal penumpang modern ini memerlukan anggaran sekitar Rp 245 miliar. Dengan rincian untuk pembangunan fisik sebesar Rp 165 miliar, mechanical electrikal Rp 40 miliar, garbarata Rp 36 miliar, dan interior termasuk mebelair sebesar Rp 4 miliar.

Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan asing menggunakan kapal pesiar di Surabaya terus menunjukkan peningkatan seiring dengan peningkatan jumlah kapal pesiar yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak.

Program revitalisasi terminal penumpang modern ini merupakan program yang digagas PT Pelindo III guna menciptakan terminal yang nyaman bagi penumpang kapal laut.

Ke depan terminal penumpang modern ini mampu menampung 4 ribu penumpang pertahunnya. Sebelumnya terminal ini memiliki daya tampung sekitar 2.500 penumpang. (chi/jpnn)


SURABAYA -- PT Pelindo III akan segera menguji coba pengngoperasikan terminal penumpang modern Pelabuhan Tanjung Perak, setelah pembangunan fasilitas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News