Bangun Waduk Baru di Lakarsantri

Bangun Waduk Baru di Lakarsantri
Bangun Waduk Baru di Lakarsantri

jpnn.com - LAKARSANTRI – Jumlah waduk di kawasan Surabaya Barat dan Selatan terus bertambah. Salah satunya di kawasan Bangkingan, Lakarsantri. Waduk yang berukuran kecil sudah dioperasikan. Kini ada tujuh waduk yang berlokasi di wilayah Surabaya Barat dan Selatan.

Sebelumnya, hanya enam waduk yang dibangun pemkot. Di antara enam itu, satu waduk berlokasi di Sumurwelut yang berfungsi sebagai penyangga sungai Kalimakmur. Ketika debit sungai tidak mampu menampung air saat musim hujan, waduk mulai difungsikan. Selain difungsikan mengantisipasi banjir, waduk itu diberdayakan untuk wisata. Pengelolanya masyarakat sekitar sehingga menjadi potensi ekonomi yang bisa dikembangkan.

Seluruh waduk itu memanfaatkan bekas tanah kas desa (BTKD) yang mangkrak. Luasnya tidak mencapai hektaran, hanya ribuan meter persegi. Namun, ada beberapa titik sehingga kapasitasnya lumayan besar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Erna Purnawati menyatakan, ada perubahan konsep pembuatan waduk. Dahulu waduk dipusatkan di satu titik dengan luas yang cukup besar, kini diberdayakan di setiap wilayah.

"Tidak begitu luas, tapi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,’’ ucapnya.

Erna menjelaskan, saat ini waduk dimaksimalkan di kawasan barat dan selatan. Sebab, di tempat itu pengairan hanya bergantung pada satu sungai. Berbeda dengan utara yang penampungan airnya cukup luas dan ada di beberapa titik.

"Lebih aman daripada wilayah selatan," katanya.

Camat Lakarsantri Rochmat Basoeki menuturkan, penambahan waduk membuat warga lega. Mereka bisa tenang karena antisipasi terhadap banjir semakin mantap.

LAKARSANTRI – Jumlah waduk di kawasan Surabaya Barat dan Selatan terus bertambah. Salah satunya di kawasan Bangkingan, Lakarsantri. Waduk yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News