Banjir Bandang, 10 Rumah Warga Hanyut

Banjir Bandang, 10 Rumah Warga Hanyut
Banjir bandang di wilayah Pidie. Foto: Rakyat Aceh/JPG

jpnn.com - SIGLI - Banjir dan longsor melanda sejumlah wilayah Pidie, Aceh.  Sepuluh unit rumah warga di Gampong Blang Dhod terseret arus dan rusak parah. 

Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Pidie, sepanjang 30 meter badan jalan nasional lintas tengah Aceh yang menghubungkan dua kabupaten itu dengan Aceh Barat putus total. Lokasi itu tepat berada di Blang Dhod.

Banjir yang terjadi Kamis (10/12) malam itu juga menerjang empat rumah di Blang Bungoeng. Hantaman banjir membuat akses Kecamatan Geumpang, Mane, sebagian Tangse, dengan wilayah Keumala, Bernuen dan kota Sigli tak bisa dilalui kendaraan roda empat.

Dari 10 unit rumah yang rusak parah dan hanyut diseret arus sungai tersebut adalah milik Syukri Yusuf, Nurlaila Abu Bakar, Nyak Sabon, Nurjannah M. Yusuf, Yulianto dan Usman Idris. Semuanya warga Blang Dhod. Selain itu, milik Faridah Cut Raja, Nyak Puteh, Rohani Gade dan Rusdi M. Yusuf, Warga Blang Bungoeng.

Kasi Darurat BPBD Pidie, Ir. Wahidin, kepada Rakyat Aceh, Jumat (11/12), mengatakan,  mereka pihaknya dibantu aparat TNI dan POLRI belum bisa membuka akses jalan yang terputus.

Hal itu dikarenakan ada beberapa rumah yang harus dihancurkan jika ingin membuka jalan darurat. Namun untuk sementara pihaknya baru dapat membuka jalur yang dilewati kendaraan roda dua.

“Sejak pukul 11.00 Wib, untuk roda dua sudah bisa melewati jalan yang semula amblas ke sungai. Sedangkan roda empat belum bisa. Karena masih tahap musyawarah Muspika Tangse. Semua kita serahkan ke Muspika, BPBD sedang fokus pada pendataan korban terlebih dahulu,” terangnya.

Camat Tangse, M. Jafar, kepada Rakyat Aceh mengatakan, setelah rapat koordinasi Muspika Tangse. Pihaknya belum ada solusi untuk membuka jalan darurat, karena belum ada yang bertanggungjawab untuk merelokasi beberapa rumah yang akan dihancurkan.

SIGLI - Banjir dan longsor melanda sejumlah wilayah Pidie, Aceh.  Sepuluh unit rumah warga di Gampong Blang Dhod terseret arus dan rusak parah. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News