Banjir Bandang Melanda Aceh Selatan, 4 Sekolah Rusak Berat

Banjir Bandang Melanda Aceh Selatan, 4 Sekolah Rusak Berat
Warga berjalan di dekat bangunan sekolah yang terdampak banjir bandang di Ladang Rimba, Kabupaten Aceh Selatan. ANTARA/HO-Dok BPBD Kabupaten Aceh Selatan

jpnn.com - BANDA ACEH - Banjir bandang melanda Ladang Rimba, Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh, Senin (20/11).

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Selatan mengungkap bahwa sebanyak empat bangunan sekolah rusak berat akibat banjir bandang di Ladang Rimba tersebut.

"Ada empat sekolah yang kami catat mengalami rusak berat akibat banjir bandang di Ladang Rimba," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Selatan Akmal AH yang dihubungi dari Banda Aceh, Kamis (23/11).

Adapun empat sekolah rusak berat tersebut ialah dua bangunan SMP, yakni SMP Negeri 1 Ladang Rimba, dan SMP Swasta Ramatul Ibah, kemudian dua SD, yakni  Negeri 1 Ladang Rimba dan SD Negeri 2 Ladang Rimba.

"Sekolah-sekolah itu yang bisa terjangkau. Diperkirakan, sejumlah bangunan sekolah yang rusak lebih dari empat. Sebab, di beberapa tempat lainnya belum bisa terakses karena lumpur banjir bandang," katanya.

Untuk SMP Negeri 1 Ladang Rimba, kata dia, enam ruang, kelas, satu ruang laboratorium, dan musala sekolah jebol serta tidak bisa digunakan sama sekali.  Ruangan lainnya terendam lumpur dengan ketinggian lebih dari satu meter.

Kondisi serupa juga dialami tiga bangunan sekolah lainnya. Menurut Akmal, ketiga bangunan sekolah tersebut rusak berat dan terendam lumpur yang dibawa banjir bandang.

"Kami hanya mendata sekolah di bawah kewenangan kami, sedangkan untuk sekolah menengah atas atau SMA merupakan kewenangan pemerintah provinsi. Kami perkirakan, ada juga bangunan SMA yang rusak setelah melihat parahnya dampak banjir bandang tersebut," katanya.

Empat sekolah rusak berat akibat banjir bandang di Ladang Rimba, Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh, Senin (20/11).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News