Banjir di Bandung Barat, Bangunan Rumah Tenggelam

Banjir di Bandung Barat, Bangunan Rumah Tenggelam
Banjir terjadi di Jalan Underpass Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (31/12). Foto: ANTARA/Dokumentasi Pribadi

jpnn.com, BANDUNG BARAT - Bencana banjir melanda sejumlah kawasan dan permukiman warga di Kabupaten Bandung Barat, akibat hujan yang mengguyur wilayah Bandung Raya sejak Selasa (31/12) siang.

Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Provinsi Jawa Barat Budi Budiman Wahyu menyebut, banjir salah satunya melanda Kompleks Perumahan Cimareme indah. Menurutnya banjir di kawasan itu disebabkan oleh adanya tanggul yang jebol.

"Kejadian ini diakibatkan oleh intensitas hujan deras, dan jebolnya tanggul sungai, tinggi muka airnya mencapai 180 centimeter," kata Budiman.

Menurutnya, ada dua RW yang terendam banjir di Komplek Perumahan Cimareme Indah. Akibatnya ada 131 KK yang terdampak banjir tersebut.

"Ada sebanyak 131 KK yang terdampak, juga ada 15 unit rumah yang terdampak," katanya.

Selain itu banjir juga terjadi di Jalan Underpass Padalarang. Di kawasan itu pada sore hari, banjir merendam hingga setinggi dada orang dewasa.

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Susanti mengatakan, hingga pukul 19.30 WIB, banjir di kawasan tersebut mulai surut. Dari banjir yang setinggi orang dewasa, kini banjir menurutnya hanya setinggi mata kaki.

"Sekarang sudah bisa dilalui kendaraan, arus normal, banjir sekarang sudah setinggi mata kaki," kata Susanti. (antara/jpnn)

Sejumlah kawasan dan permukiman warga di Kabupaten Bandung Barat terendam banjir.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News