Banjir Mengancam, 10 Persen Pompa Air Jakarta Masih Rusak

Banjir Mengancam, 10 Persen Pompa Air Jakarta Masih Rusak
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjugi Rumah Pompa Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Senin (11/12). Foto: Ist Pemprov DKI

jpnn.com, JAKARTA - Jelang musim hujan, 90 persen pompa air milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah siap mencegah banjir di Ibu Kota.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini Yusuf mengatakan, saat ini Pemprov DKI memiliki 178 unit rumah pompa. Dari jumlah tersebut, hanya sepuluh persen yang masih dalam perbaikan.

"Sekarang 90 persen yang sudah siap beroperasi, yang pompa stasioner, yang diam, yang ada di rumah-rumah pompa," kata Juaini saat dikonfirmasi, Kamis (12/11).

Juaini menambahkan, guna meningkatkan pencegahan banjir di Ibu Kota, pihaknya juga menambah unit pompa mobile dan apung.

"Tahun ini kami memang ada pengadaan pompa mobile sebanyak 19 unit, tambah sama pompa apung ada 65 unit. Itu yang sekarang, yang sudah siap barangnya tuh," ujar Juaini.

Selain itu, pengerukan sejumlah waduk, seperti Waduk Pondok Ranggon, Waduk Cimanggis, dan Waduk Setu sudah selesai. 

Diharapkan waduk-waduk tersebut dapat berfungsi maksimal dalam mengantisipasi banjir.

"Ada beberapa tempat yang terus kami lakukan pengerukan, di Waduk Ria Rio juga kami masih terus lakukan pengerukan, ada lagi di selatan Waduk situ Babakan, lagi kami keruk," ujar Juaini.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta Juaini Yusuf klaim 90 persen pompa sudah siap cegah banjir di Ibu Kota

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News