Banjir Merendam Ratusan Rumah Warga di Singkawang

Banjir Merendam Ratusan Rumah Warga di Singkawang
Salah satu rumah warga yang terendam banjir di Kelurahan Semelagi Kecil, Kecamatan Singkawang Utara (Antara/Rudi)

jpnn.com - PONTIANAK - Banjir merendam tatusan rumah warga  di Jalan Demang Akub dan Jalan H. Bakar, Kelurahan Semelagi Kecil, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Anggota DPRD Kota Singkawang Muhammadin mengatakan bahwa banjir datang sejak Rabu (8/3) malam sampai Kamis (9/3) siang, dengan ketinggian air sekitar 50 sentimeter sampai 1 meter.

“Banjir tersebut bukan hanya merendam ratusan rumah warga, tetapi juga pemakaman muslim, kantor kelurahan dan rumah ibadah," kata dia di Kota Singkawang, Kamis (9/3).

Dia mengatakan banjir yang terjadi di Semelagi Kecil merupakan air kiriman dari Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sambas.

Legislator Dapil Singkawang Utara itu mengatakan hal ini dikarenakan debit air lebih tinggi dibandingkan tanggul yang ada, sehingga meluber ke permukiman penduduk di dekat tanggul.

"Debit air tinggi melebihi tanggul di wilayah Sungai Pinang, sehingga airnya meluber," ungkapnya.

Dia meminta supaya tanggul yang berada di wilayah Singkawang Utara segera diperbaiki guna mengantisipasi kejadian serupa ke depannya.

Apalagi, selama puluhan tahun tanggul yang ada tidak pernah diperbaiki, sementara wilayah tersebut mengalami siklus banjir, baik dua, lima hingga sepuluh tahunan.

Banjir merendam ratusan rumah warga di Kelurahan Semelagi Kecil, Kecamatan Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalbar. Ini penyebabnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News