Bank Dunia : Jangan Mudah Naikkan Bunga

Sebagai Upaya Kendalikan Inflasi

Bank Dunia : Jangan Mudah Naikkan Bunga
Bank Dunia : Jangan Mudah Naikkan Bunga
JAKARTA - Bank Dunia berharap Indonesia bisa menerapkan kebijakan pengendalian inflasi dengan hati-hati. Tekanan harga pangan dan energi dipastikan tidak akan mudah diatasi oleh otoritas moneter dan fiskal.

      

Direktur Eksekutif Bank Dunia Hekinus Manao mengatakan, pengendalian inflasi tinggi tidak serta merta bisa diatasi dengan kebijakan pengetatan moneter. Sebab, kebijakan moneter ketat melalui kenaikan suku bunga akan menghambat upaya menjaga momentum pertumbuhan.

"Serba salah ya. Kalau dibuat moneternya terlalu strain, itu terkait persoalan pertumbuhan. Kalau bicara pertumbuhan, terkait masalah employment. Jadi semuanya tali temali," kata Hekinus di Jakarta akhir pekan lalu.

Selain kesulitan yang dialami otoritas moneter, Ia berpendapat, ruang fiskal pemerintah untuk meredam volatilitas harga pangan dan energi masih sangat sempit. Sebab, seperti harapan Bank Dunia, pemerintah melakukan efisiensi subsidi dengan mengalihkan ke program-program pembangunan.

JAKARTA - Bank Dunia berharap Indonesia bisa menerapkan kebijakan pengendalian inflasi dengan hati-hati. Tekanan harga pangan dan energi dipastikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News