Bank Isyaratkan Turunkan Suku Bunga di Triwulan Kedua

Bank Isyaratkan Turunkan Suku Bunga di Triwulan Kedua
Ilustrasi. FOTO: dok/jawapos

jpnn.com - JAKARTA - Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) telah mengambil kebijakan untuk menurunkan suku bunga acuan (BI rate) di level 7,25 persen. Sektor perbankan turut menyambut baik kebijakan dari bank sentral tersebut.

Chief Economist PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Andri Asmoro berujar bahwa pihaknya telah memperkirakan penurunan BI rate tersebut sesuai dengan indikator ekonomi domestik.

"Memang diawal tahun ini kita sudah ekspektasikan ada penurunan BI rate. Kita harapkan di kisaran 7 persen tahun ini," ujarnya di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (21/1).

Dengan ekspektasi tersebut, praktis, perbankan akan merespon kebijakan tersebut dengan melakukan transmisi penurunan suku bunga kredit maupun simpanan. Andri berujar bahwa kebijakan tersebut akan segera diimplementasikan di kisaran kuartal kedua tahun ini.

"Kalau suku bunga deposito biasanya butuh waktu penyesuaiannya antara 1 bulan sampai 3 bulan. Sedangkan untuk suku bunga kredit di kisaran 3 bulan sampai 6 bulan," jelasnya. (sis//mas/jpnn)


JAKARTA - Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) telah mengambil kebijakan untuk menurunkan suku bunga acuan (BI rate) di level 7,25 persen. Sektor perbankan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News