JPNN.com

Bank Jatim Tunggu Waktu Jadi Administrator RDN

Jumat, 26 Agustus 2016 – 10:30 WIB Bank Jatim Tunggu Waktu Jadi Administrator RDN - JPNN.com

SURABAYA – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) segera jadi bank administrator rekening dana nasabah (RDN).  Saat ini, manajemen sedang menunggu persetujuan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Sementara itu, koordinasi dengan self regulatory organization (SRO) yang lain seperti Bursa Efek Indonesia (BEI) dilakukan sejak pekan ke-3 April 2016.

’’Kami sudah kirim surat pengajuan dan sekarang masih dicek di KSEI. Finalisasinya kapan, itu tergantung KSEI,’’ kata Corporate Secretary Bank Jatim Ferdian Timur Satyagraha kemarin (25/8).    

Bank Jatim memang baru mendapat statement ’’dalam proses’’ dari KSEI. Jika nanti KSEI menyetujui pengajuan tersebut, emiten berkode saham BJTM itu masih harus melaporkannya ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bank Jatim juga harus lulus tes di bidang IT untuk menjadi pengelola RDN. ’’Jadi tidak berarti kalau disetujui terus bisa langsung running. Kami di OJK masih ada tes security firewall-nya dulu,’’ ungkap Ferdi.

Dia menargetkan Bank Jatim bisa mengelola RDN pada awal tahun depan. Sebab, dia memperkirakan tahun ini merupakan waktu untuk pengajuan berbagai macam ujian dari regulator.

Bank Jatim, lanjut Ferdi, berpotensi mengelola RDN dari transaksi ekspor dan impor di pelabuhan. Setiap tahun, nilai transaksi tersebut bisa mencapai Rp 4 triliun dengan perkiraan endapan dana 10–15 persen dari jumlah itu.

Selain itu, Bank Jatim akan memperbanyak instrumen investasi yang bisa mendongkrak pengelolaan dana dari jasa administrasi RDN. ’’Kami bikin reksa dana dan lain-lain. Jadi, kami mix itu instrumennya,’’ tuturnya.

Saham Bank Jatim (BJTM) kemarin naik 0,81 persen menjadi Rp 620 per lembar.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...