Bansos dan Kartu Prakerja Bermasalah, Ganjar Surati Menteri

Bansos dan Kartu Prakerja Bermasalah, Ganjar Surati Menteri
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: ist

jpnn.com, SEMARANG - Munculnya masalah pada penyaluran bantuan sosial dan program Kartu Prakerja, mendorong Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menyurati Kementerian Sosial dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

"Progres di lapangan, jaminan sosial dan kartu prakerja ini masih ramai, maka saya hari ini mengirim dua surat agar pemerintah pusat melakukan evaluasi," katanya di Semarang, Senin (4/5).

Pertama, Ganjar menyoroti perihal penyaluran bansos yakni banyaknya jenis bantuan dan perbedaan jumlah bantuan, disinyalir akan menimbulkan konflik di lapangan.

"Kami usul agar pemerintah memberikan keluwesan pada kami untuk mengelola bantuan itu. Kami minta bantuan yang Rp 600.000 itu disamakan dengan bantuan lain yang Rp 200.000 agar mudah dalam penyaluran dan tidak bikin iri," ujarnya.

Mantan anggota DPR RI itu juga meminta agar penyaluran bantuan-bantuan itu diserahkan pada kabupaten/kota atau pemerintah desa, sebab mereka yang paling tahu kondisi warganya masing-masing.

"Kami berharap usulan ini disetujui, tentu kami akan melakukan pendampingan agar semua tepat sasaran. Kalau ini tidak disetujui pasti repot, maka kami berikhtiar kepada Mensos agar bisa dibantu," katanya.

Kedua terkait kartu prakerja, Ganjar mengungkapkan banyak buruh di Jawa Tengah yang kesulitan mengakses program itu akibat beberapa faktor, yaitu mulai dari tingkat pendidikan hingga akses internet.

"Kami usul kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian agar yang kesulitan itu kami bantu. Mereka akan kami data secara 'offline' dan kami serahkan ke pusat. Soalnya kalau semua dengan mekanisme 'online' dan hanya satu jalur, banyak yang kesulitan," ujarnya.

Munculnya masalah pada penyaluran bantuan sosial dan program Kartu Prakerja, mendorong Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menyurati dua Kementerian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News