Bantah Tuduhan, China Tunjukkan Sosok Musuh Muslim Uighur Sebenarnya

Bantah Tuduhan, China Tunjukkan Sosok Musuh Muslim Uighur Sebenarnya
Pelajar dari etnis Uighur mempelajari Alquran dan Hadis di Institut Islam Xinjiang, Kamis (03/01/2019). Lembaga tersebut difasilitasi pemerintah Tiongkok untuk mencetak para imam yang bebas dari pengaruh radikalisme dan ektremisme. Foto: ANTARA/M. Irfan Ilmie

jpnn.com, BEIJING - Pemerintah China bertekad membuktikan kepada Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCHR) Michelle Bachelet bahwa muslim Uighur di Xinjiang tidak direpresi seperti yang selama ini dituduhkan Barat.

Orang nomor satu HAM PBB itu akan berada di China sampai 28 Mei mendatang. Dia dijadwalkan berkunjung ke Xinjiang setelah menghadiri sejumlah agenda Guangdong.

Di tengah kunjungan Bachelet, Pemerintah Daerah Otonomi Xinjiang (XUAR) menggelar pengarahan pers secara virtual yang diikuti sejumlah media asing di Beijing pada Selasa sore.

Dalam pengarahan pers tersebut, XUAR memutar video untuk menunjukkan sosok musuh muslim Uighur sebenarnya.

Video itu memperlihatkan tindak kekerasan di wilayah baratdaya China itu, termasuk juga mengetengahkan testimoni para pelaku kejahatan dan korban dari kalangan etnis minoritas Muslim Uighur.

Juru bicara XUAR Xu Guixiang menjamin apa yang disuguhkan kepada tim UNHCHR adalah nyata dan transparan.

"Xinjiang stabil, masyarakatnya harmonis. Kami akan memberikan informasi apa yang terjadi di Xinjiang secara transparan. Tidak ada genosida, tidak ada kerja paksa," tegasnya.

Kedatangan UNHCHR ke Xinjiang tersebut terkait dengan dugaan pelanggaran HAM yang dilakukan Beijing terhadap etnis minoritas Muslim Uighur yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun.

China siap memperlihatkan kepada Komisioner Tinggi HAM PBB Michlle Bachelet bagaimana kehidupan muslim Uighur di Xinjiang

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News