Banteng Vs Celeng, PDIP Mau Usung Puan tetapi Tunggu Legitimasi?

Banteng Vs Celeng, PDIP Mau Usung Puan tetapi Tunggu Legitimasi?
Politikus PDIP yang juga Ketua DPR Puan Maharani. Ilustrasi/foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Dedi Kurnia Syah menilai elektabilitas Ganjar Pranowo yang tinggi bukan jaminan bahwa PDIP akan mengusung gubernur Jawa Tengah itu di Pilpres 2024.

Menurut Dedi, justru Ketua DPP PDIP Puan Maharani lebih berpeluang diusung menjadi calon presiden ketimbang Ganjar.

Direktur eksekutif Indonesia Political Opinion itu mengatakan Puan lebih dikenal secara luas meski elektabilitasnya rendah. Selain itu, Puan juga ketua DPR dan putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Puan dalam modal politik bisa saja jauh lebih potensial dibanding Ganjar, dikenal lebih luas meskipun masih minim elektabilitas," ujar Dedi, Selasa (19/10).

Baca juga: Sederet Fakta soal Banteng vs Celeng di PDIP

Adapun Ganjar, kata Dedi, modalnya masih elektabilitas. "Meskipun (elektabilitas Ganjar, red) tinggi, masih didominasi di Jateng," tuturnya.

Lebih lanjut Dedi menganggap Ganjar yang memiliki elektablitas tinggi sebenarnya belum memperlihatkan prestasi dalam memimpin Jateng.

"Dia terlihat banyak melakukan hal populis untuk mendongkrak popularitas dengan harapan PDIP memperhatikannya, meskipun dari sisi kinerja di Jateng tidak dapat disebut berprestasi," ujar Dedi

Pengamat politik Dedi Kurnia Syah menilai Ganjar Pranowo yang memiliki elektabilitas tinggi belum tentu mampu menggeser modal politik Puan Maharani dalam meraih tiket pilpres.