Celeng Vs Banteng, Ipang: Ganjar Diuntungkan, PDI Perjuangan Dirugikan 

Celeng Vs Banteng, Ipang: Ganjar Diuntungkan, PDI Perjuangan Dirugikan 
Ilustrasi - Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Sarwi Chaniago menanggapi polemik banteng vs celeng di internal PDI Perjuangan.

Pengamat politik yang akrab disapa Ipang itu mengatakan, polemik tersebut bisa saja menguntungkan salah satu pihak, dalam hal ini ialah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang juga kader PDI Perjuangan.

Dengan begitu, kata dia, masyarakat lebih condong terhadap Ganjar daripada Puan Maharani.

Sebab, ujar Ipang, selama ini pemilih di Indonesia selalu mendukung orang yang terzalimi.

"Ganjar Pranowo diuntungkan karena dinilai menjadi pihak yang dizalimi. Pemilih makin simpati sama Ganjar," kata Ipang saat dihubungi, Minggu (17/10).

Dosen ilmu politik dari Universitas Bung Karno itu mengatakan partai politik (parpol) dalam hal ini PDI Perjuangan juga dirugikan lantaran ada polemik tersebut. 

“Bisa juga PDI Perjuangan dirugikan karena terjadi keterbelahan dan menganggu soliditas internal kader,” ungkapnya.

Selain itu, ungkap Ipang, polemik tersebut bisa menimbulkan kekhawatiran sesama kader PDI Perjuangan, sehingga nantinya satu sama lain akan saling menyalahkan. 

Pengamat politik Pangi Chaniago turut mengomentari terkait polemik banteng versus celeng di internal PDI Perjuangan. Menurutnya, Ganjar Pranowo diuntungkan, PDI Perjuangan dirugikan terkait munculnya polemik banteng vs celeng itu.