Bantu Ortu Pilih Makanan Tepat untuk Anak, Kalbe Nutritionals Hadirkan Susu Harga Terjangkau

Bantu Ortu Pilih Makanan Tepat untuk Anak, Kalbe Nutritionals Hadirkan Susu Harga Terjangkau
Membantu orang tua memilih makanan tepat untuk anak, KALBE Nutritionals hadirkan susu harga terjangkau. Foto dok. KALBE Nutritionals

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI terus berupaya menurunkan angka stunting untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

Banyak upaya dilakukan untuk mencapai tujuan ini, mulai dari keluarga yang harus memastikan pemenuhan gizi anak cukup untuk tumbuh kembangnya. 

Dr. dr. Luciana Sutanto, MS. SpGK.(K) spesialis gizi klinik di RS Mitra Kemayoran, Jakarta menjelaskan pemenuhan gizi anak ini sebenarnya sudah dituangkan dalam pedoman makan yang disusun Kementerian Kesehatan lewat Peraturan Menteri Kesehatan No. 41 Tahun 2014.

“Di dalam pedoman gizi seimbang itu dijelaskan bagaimana porsi makan untuk anak, yaitu terdiri dari makan utama yang lengkap tiga kali satu hari, ditambah dua sampai tiga kali selingan, " kata dr. Luciana, Kamis (4/4). 

Dia melanjutkan makanan utama terdiri dari sumber karbohidrat, lauk pauk baik hewani dan nabati, sayur serta buah.

Tidak kalah penting untuk dicermati, kunci menurunkan stunting dan menghindari risiko hambatan pertumbuhan adalah protein. 

Konsumsi asam amino esensial bersumber dari protein, merupakan variasi asupan protein.

Dibandingkan protein nabati, protein hewani mempunyai jenis asam amino lebih lengkap dan sesuai dengan kebutuhan tubuh, serta mempunyai bioavailabilitas atau kemampuan diserap lebih tinggi.

Membantu orang tua memilih makanan tepat untuk anak, KALBE Nutritionals hadirkan susu harga terjangkau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News