Bantu Pekerja Seni di Masa Pandemi, Kemendikbud Siapkan Pertunjukan Daring

Bantu Pekerja Seni di Masa Pandemi, Kemendikbud Siapkan Pertunjukan Daring
Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid. Foto: Indopos/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan sejumlah pekerja seni dan budaya melakukan pertunjukan melalui sistem dalam jaringan (daring) selama masa pandemi COVID-19.

Kegiatan ini merupakan wujud nyata pemerintah dalam upaya memajukan kebudayaan dengan berperan aktif untuk membantu pekerja seni dan budaya yang terdampak pandemi COVID-19.

Program yang diberi nama #bahagiadirumah diharapkan selain memberikan kesempatan kepada pekerja seni dan budaya untuk tetap produktif. Juga membantu masyarakat umum secara luas belajar banyak tentang kekayaan seni dan budaya negeri sendiri.

Akun YouTube resmi Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, budayasaya menjadi wadah bagi pekerja seni dan budaya untuk berkreativitas. Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud) Hilmar Farid menegaskan program tersebut dibuat oleh para seniman di rumah masing-masing.

Dalam perkembangan ke depan, pemerintah akan menyediakan platform yang besar untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas, misalnya melalui siaran televisi, dan menggandeng lebih banyak komunitas kreatif serta lembaga budaya.

"Kemendikbud membantu dari segi produksi dan menyiarkan hasilnya melalui akun Budayasaya. Selanjutnya kami ingin menggandeng lebih banyak komunitas kreatif, lembaga kebudayaan, dan siaran televisi, agar jangkauannya lebih luas," ujar Hilmar dalam pernyataan resminya, Kamis (23/4).

Senin, 30 Maret 2020 menjadi hari yang bersejarah bagi para pekerja seni dan pelaku budaya. Sebab, untuk pertama kalinya mereka melakukan pertunjukan dan berbagi pengetahuan dari rumah masing-masing. Hingga hari ini tercatat puluhan pekerja seni dan budaya yang sudah turut berpartisipasi dalam program #bahagiadirumah tersebut.

Hilmar sangat mengapresiasi dukungan yang diberikan pelaku seni dan budaya. Dia berharap hal yang telah dilakukan sejumlah pelaku seni dan budaya yang lain.

“Bersama kita bersinergi, dari masyarakat kembali ke masyarakat dan sebesar-besarnya manfaat juga untuk masyarakat,” tutupnya. (esy/jpnn)

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan sejumlah pekerja seni dan budaya


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News