Ini Sederet Langkah Strategis Kemendikbud Cegah Penyebaran Corona

Ini Sederet Langkah Strategis Kemendikbud Cegah Penyebaran Corona
Plt Dirjen Dikti Kemendikbud Prof Nizam. Foto: Humas kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Prof Nizam mengatakan kementerian telah melakukan sejumlah langkah strategis dalam mencegah penyebaran wabah virus corona COVID-19.

Nizam menjelaskan pihaknya telah mengeluarkan surat edaran untuk para ASN dan pekerja lainnya agar bekerja dari rumah.

Perguruan tinggi di semua daerah juga diimbau melaksanakan pembelajaran secara daring dari rumah.

"Kami juga telah melakukan refocusing anggaran untuk mendukung program 13 Fakultas Kedokteran (FK) dan 13 Rumah Sakit Pendidikan (RSP) sebagai pusat tes serta melayani pasien COVID-19. Pengadaan 60.000-80.000 APD dan 150.000 Reagen COVID-19 melalui jalur diplomatik dan kerja sama dalam negeri," ujar Nizam dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/4).

Nizam menyampaikan bahwa pihaknya melakukan penguatan platform pembelajaran daring, dan melakukan negosiasi dengan pihak penyedia jasa internet untuk menggratiskan laman pendidikan dan paket internet ramah kantong untuk para mahasiswa.

Ditjen Dikti juga memberikan dukungan untuk mahasiswa yang tidak mampu melalui 400.000 KIP Kuliah untuk dapat diakses mahasiswa.

"Kami sudah meminta perusahaan telekomunikasi untuk memberikan akses gratis pada tautan pembelajaran Kemendikbud dan perguruan tinggi yang terdaftar," tambah Nizam.

Ditjen Dikti juga telah memberikan beberapa fasilitas untuk menunjang pembelajaran secara daring, mulai dari PJJ, INHERENT, ID-REN, SPADA, kerja sama dengan operator layanan internet, kerja sama dengan perusahaan komunikasi, serta melakukan kerja sama dengan beberapa platform yaitu, Indonesia Cyber Education, Universitas Terbuka, Google Suite, Nvdia-Artificial Intelligence Courses, hingga Amazon web services.

Kemendikbud sudah melakukan sejumlah langkah strategis untuk mencegah penularan virus corona COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News