Bantuan Presiden Khusus UMKM Beri Iklim Positif, Legislator: Penyaluran Harus Dipercepat

Bantuan Presiden Khusus UMKM Beri Iklim Positif, Legislator: Penyaluran Harus Dipercepat
Presiden Joko Widodo meluncurkan Program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (24/8). Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mohamad Hekal menilai program Bantuan Presiden (Banpres) Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) memberi iklim positif pada dunia usaha mikro, khususnya di masa krisis akibat pandemi Covid-19.

“Jadi lebih baik memang bagaimana pemerintah bisa cepat memberikan bantuan ke masyarakat, menyalurkan uang kepada masyarakat supaya roda perekonomian bisa berputar," ujar Hekal dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (8/2/2021).

Dia juga menyambut baik pelaksanaan program bantuan yang dinaungi oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) ini di Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Kendal.

Hekal menyebut Banpres BPUM di Kabupaten Kendal sudah berjalan cukup baik dengan penyaluran yang tinggi.

"Namun ada sejumlah catatan yang perlu menjadi perhatian pemerintah maupun stakeholder terkait program itu," kata Haekal.

Dia mencontohkan, pada aspek perbaikan data dan persyaratan penerima bantuan.

"Perlunya kemudahan baik pengajuan maupun penyaluran bantuan yang diwakilkan kepada stakeholder seperti perbankan," harap Haekal.

Diketahui, sektor UMKM merupakan salah satu penopang perekonomian Indonesia. Dampak negatif dari Covid-19 terhadap sektor UMKM berbanding lurus dengan perekonomian Indonesia.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mohamad Hekal menilai program Bantuan Presiden (Banpres) Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) memberi iklim positif pada dunia usaha mikro, khususnya di masa krisis akibat pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News