Banyak Catatan, Moratorium Tetap Berjalan

Banyak Catatan, Moratorium Tetap Berjalan
Banyak Catatan, Moratorium Tetap Berjalan
JAKARTA - Terhitung sejak hari ini (1/8), pemerintah mulai menjalankan moratorium penempatan tenaga kerja ke Arab Saudi. Namun, masih banyak catatan yang harus dibenahi pemerintah untuk membuat moratorium tersebut berjalan sesuai rencana. Apalagi, hingga kini belum ada kepastian sampai kapan moratorium tersebut bakal berjalan.

Sekjen Apjati Rusdy Basalamah mengatakan, sikap pemerintah terhadap moratorium tersebut masih belum jelas. Pihaknya tetap belum memilili petunjuk teknis tentang bagaimana moratorium itu bakal berjalan. Yang dia pegang, hanya instruksi untuk tidak lagi menempatkan tenaga kerja per 1 Agustus. "Hanya itu saja," ujarnya.

Dia khawatir, tidak adanya petunjuk teknis itu bisa menimbulkan berbagai masalah baru. Seperti ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK) yang jumlahnya ribuan orang. Selain itu, bisa jadi moratorium yang digunakan sebagai shock teraphy bagi Arab Saudi tidak terjadi. "Akibatnya, moratorium tidak jelas kapan selesai," imbuhnya.

Tidak hanya itu, calon tenaga kerja yang gagal berangkat hingga hari ini juga belum mendapat kepastian. Rusdy hanya mengatakan jika ada surat dari Kemenakertrans kalau PPTKIS (Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta) meminta tenaga kerja yang siap diberangkatkan untuk di data.

JAKARTA - Terhitung sejak hari ini (1/8), pemerintah mulai menjalankan moratorium penempatan tenaga kerja ke Arab Saudi. Namun, masih banyak catatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News