Banyak Milenial Minati Khilafah & Jihad, Mahasiswa PTKI Harus Jadi Agen Islam Moderat

Banyak Milenial Minati Khilafah & Jihad, Mahasiswa PTKI Harus Jadi Agen Islam Moderat
Wamenag Zainut Tauhid. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengkhawatirkan ketertarikan kalangan milenial pada khilafah dan jihad.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mendasarkan kekhawatirannya pada hasil penelitian Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta di 18 kota/kabupaten.

Penelitian itu mengungkap generasi milenial sangat berminat mengakses literatur keagamaan. Masalahnya, literatur keagamaan yang banyak diminati justru yang bertopik jihad dan khilafah.

Hal lain yang merisaukan Zainut ialah tantangan ekstremisme dan intoleransi. Hasil penelitian Pusat Studi Agama dan Budaya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di 18 kota/kabupaten pada 2018 menunjukkan ancaman ekstremisme di kalangan kaum muda berusia 15-24 tahun.

"Ini sangat mengkhawatirkan," ujar Zainut, Minggu (19/9).

Oleh karena itu, Zainut meminta perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI) membekali mahasiswa dengan perspektif moderat dalam memahami teks-teks keagamaan dan kehidupan sosial.

Penyandang gelar doktor bidang politik Islam itu menyatakan mahasiswa harus menjadi agen sekaligus teladan dalam praktik keagamaan yang moderat.

"Mereka bisa menjadi agen dan katalisator dalam mewujudkan Islam yang rahmatan lilalamin," tuturnya.(esy/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

wamenag Zainut mengungkapkan banyak generasi milenial menyukai literasi keagamaan dengan topik jihad dan khilafah