JPNN.com

Banyak Perusahaan Kayu Terancam Tutup Dampak Covid-19

Sabtu, 14 Maret 2020 – 22:34 WIB Banyak Perusahaan Kayu Terancam Tutup Dampak Covid-19 - JPNN.com
Bupati Batang Wihaji (tengah). Foto: ANTARA/Kutnadi

jpnn.com, BATANG - Wabah virus Corona atau Covid-19 ikut mengancam keberlangsungan perusahaan pengolahan kayu di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. 10 perusahaan terancam tutup akibat dampak Corona.

"Sudah ada laporan sejumlah perusahaan terutama di bidang pengolahan kayu mengalami kesulitan keuangan karena ada pembatasan, bahkan dihentikannya impor bahan baku dari China (Tiongkok)," kata Bupati Batang Wihaji, Sabtu.

Menurut dia, jika pasokan bahan baku produksi pengolahan kayu terhenti dan ekspornya terus teehambat, maka dipastikan akan mengganggu finansial perusahaan sehingga berdampak pula pada pekerja.

"Oleh karena, kami berharap semoga wabah COVID-19 ini bisa cepat mereda dan selesai karena kasus penyebaran Virus Corona ini berpengaruh sekali terhadap perekonomian di Indonesia, termasuk Kabupaten Batang," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Batang Subiyanto mengatakan bahwa ada 10 perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan kayu yang produksinya diekspor ke Tiongkok.

Namun, kata dia, saat ini pihak perusahaan pengolahan kayu tidak bisa melakukan produksi karena pasokan bahan baku harus diimpor dari Tiongkok.

"Demikian pula pihak perusahaan juga kesulitan mengekspor produknya ke China. Tentunya, kondisi mempengaruhi finansial perusahaan," katanya. (antara/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...