Bapak Ibu PNS Silakan Cek Saldo ya, THR Sudah Cair

Bapak Ibu PNS Silakan Cek Saldo ya, THR Sudah Cair
PNS. Ilustrasi Foto: Idham AMA/Fajar/dok.JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi, Jatim, sudah menggelontorkan dana sekitar Rp 56 miliar untuk THR (tunjangan hari raya) para PNS.

THR bagi para abdi negara tersebut sudah ditransfer ke rekening masing-masing PNS, Selasa (5/6).

Sekretaris Kabupaten Djadjat Sudradjat mengatakan, berdasar Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) maupun Peraturan Pemerintah (PP) tentang gaji pegawai negeri sipil (PNS), sebenarnya tidak ada istilah THR melainkan gaji ke-14. ”Terkait pembayaran gaji ke-14, Banyuwangi aman, lancar, dan normatif,” ujarnya, Selasa (5/6).

Sebab, kata Sekkab, dana untuk pembayaran gaji ke-14 tersebut sudah dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018. Selain itu, pemkab juga telah menganggarkan cadangan gaji pegawai sebesar 2,5 persen dari komponen gaji pegawai.

”Karena itu, saat ada instruksi tambahan, gaji ke-14 yang tadinya sebesar gaji pokok namun sekarang termasuk tunjangan, tinggal diambilkan dari anggaran cadangan tersebut. Jadi, tidak sampai menggeser belanja barang atau belanja pegawai,” papar mantan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Banyuwangi tersebut.

Kepala BPKAD Samsudin menuturkan, kebutuhan pembayaran gaji ke-14 ASN di lingkungan Pemkab Banyuwangi relatif aman. ”Kami sudah mengantisipasi. Mengacu pedoman penyusunan anggaran tahun 2018, kami sudah menganggarkan gaji ke-13 dan ke-14 sesuai gaji pokok PNS,” tuturnya.

Namun, pada perkembangan selanjutnya, terbit aturan baru yang mengamanatkan gaji ke-14 ASN sebesar gaji pokok plus tunjangan jabatan dan tunjangan keluarga. Nah, kebutuhan untuk membayar tunjangan jabatan dan tunjangan keluarga pada gaji-14 tersebut berhasil dipenuhi. ”

Kami punya spare gaji di rekening gaji. Spare gaji itu kami cadangkan untuk kenaikan gaji dan kenaikan pangkat. Dan itu cukup untuk memenuhi kebutuhan pembayaran gaji ke-14 ASN Pemkab Banyuwangi, sehingga tidak sampai menggeser anggaran pembangunan,” terangnya.

Pemkab Banyuwangi sudah mentransfer THR (Tunjangan hari raya) untuk para PNS pada Selasa (5/6) kemarin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News