Barang Enak

Oleh: Dahlan Iskan

Barang Enak
Dahlan Iskan (Disway). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - DUA barang enak yang dicampur menjadi satu seharusnya menjadi sangat enak. Tidak begitu kalau yang dicampur itu soto enak dengan tembakau enak. Atau kopi enak dengan dawet enak.

Pengurus PSSI itu mirip-mirip  seperti campuran barang-barang enak seperti itu. Soal rasa akhirnya tergantung yang dicampur dan yang mencampur.

Memang praktik selama ini sangat ideal dan demokratis: ketua umum dipilih oleh kongres. Setelah itu wakil ketua umum pun dipilih oleh kongres. Lalu anggota Exco, 12 orang, juga dipilih oleh kongres.

Itu mirip presiden dan wakil presiden dipilih sendiri-sendiri di pemilu. Tidak dalam satu paket.

Apakah setelah terpilih nanti keduanya nanti bisa bekerja sama, itu soal lain. Bahkan ibarat di pemerintahan, para menterinya pun dipilih lewat pemilu.

Maka hasil kongres PSSI bulan depan ibarat 14 barang enak dicampur jadi satu. Itulah pengurus PSSI hasil kongres.

Baca Juga:

Maafkan, Anda belum tahu: PSSI adalah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia.

Calon ketua umum harus mendaftar dulu dan mendapat pengesahan dari satu komite. Calon wakil ketua umum juga begitu. Pun para calon anggota Exco, yang nanti akan jadi pengurus PSSI.

Presiden SBY pernah gemas melihat PSSI. Lalu mencoba turun tangan. Gagal. Jokowi juga gemas, tetapi berhasil mengintervensi. Ada Erick Thohir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News