Barcelona Manfaatkan Pemain yang Dipinjamkan

Barcelona Manfaatkan Pemain yang Dipinjamkan
Barcelona Manfaatkan Pemain yang Dipinjamkan

jpnn.com - KRISIS pemain bakal menimpa Barcelona jika FIFA tak meringankan hukuman mereka. Embargo transfer hingga akhir musim 2014-2015 membuat kebutuhan pemain anyar di sejumlah sektor batal terpenuhi. Padahal, mereka sudah mengalami krisis di sektor kiper dan lini pertahanan.

Victor Valdes sudah pasti out karena kontrak tak diperpanjang. Sedangkan Carlos Puyol sudah menyatakan pensiun akhir musim ini. Merekrut Valdes dan Puyol kembali tentu tak bisa karena sanksi tersebut dengan jelas melarang Barca " sebutan Barcelona "merekrut pemain anyar.
 
Untungnya, para pemain pinjaman yang kini merantau ke sejumlah klub diperbolehkan FIFA untuk kembali pulang. Mereka adalah gelandang serang Rafinha (Celta Vigo), striker Gerard Deulofeu (Everton), dan winger Bojan Krkic (Ajax).

"Terkait pemain yang dipinjamkan, karena sudah diregistrasi Real Federaci'n Espa'ola de F'tbol (PSSI-nya Spanyol, Red.), mereka bisa kembali jika masa kontrak peminjaman berakhir," demikian rilis FIFA.

Meskipun begitu, para pemain pinjaman tersebut belum bisa menjawab potensi krisis di Barcelona. Praktis mereka terpaksa harus menempatkan Juan Manuel Pinto sebagai kiper utama sedangkan kiper muda Oier Olaz'bal promosi sebagai kiper kedua. Padahal, Olazabal yang masih 24 tahun itu belum pernah sekali pun bermain musim ini.

Pakar hukum olahraga sekaligus anggota pengadilan arbitrase atau Court of Arbitration for Sport (CAS) Angelo Cascella mengatakan bahwa situasi Valdes bisa menguntungkan Barca. Mereka bisa meminta keringanan hukuman karena membuat mereka terancam tanpa kiper utama. "Barca bisa mengajukan pengecualian terhadap sanksi tersebut," katanya seperti dikutip Marca.
 
Lantas, bagaimana nasib pemain anyar Alen Halilovic yang sudah direkrut dari Dinamo Zagreb tapi baru bergabung musim depan? "Jika kontrak belum diserahkan secara resmi kepada semua pihak yang terlibat, belum bisa dikatakan bahwa transfer sudah rampung," kata Cascella menyiratkan batalnya Halilovic hijrah ke Camp Nou.
 
Krisis itu tak bakal terjadi jika Barcelona segera merampungkan proses transfer kiper buruan mereka Marc-Andre Ter Stegen dari Borussia Muenchengladbach. Apalagi, Ter Stegen sudah ngebet ingin bergabung ke Barca.

Menanggapi sanksi itu, kiper muda 21 tahun itu masih wait and see. "Saya tidak mendengar info apa-apa soal itu. Yang aku tahu, aku akan meninggalkan Borussia Muenchengladbach akhir musim ini," katanya kepada Express. (aga/ruk)


Berita Selanjutnya:
Perserang Masuk Grup Maut

KRISIS pemain bakal menimpa Barcelona jika FIFA tak meringankan hukuman mereka. Embargo transfer hingga akhir musim 2014-2015 membuat kebutuhan pemain


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News