Bareskrim Dalami Dugaan Dokumen Munir‎ yang Hilang

Bareskrim Dalami Dugaan Dokumen Munir‎ yang Hilang
Ilustrasi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto akan menemui Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk membicarakan dokumen Tim Pencari Fakta (TPF) kasus meninggalnya Munir Said Thalib, yang dikabarkan hilang.

Ari memang mengakui bahwa sudah ada instruksi dari Tito kepadanya untuk menelusuri dokumen tersebut. Hanya saja, instruksi itu dilakukan tidak resmi.

"Begini saya baca, Pak Kapolri sudah sampaikan ke saya. Saya mohon izin dulu sama pimpinan untuk menanyakan dulu yang nyimpan siapa. Hilangnya di mana. Kan belum ada laporannya (saya terima)," kata Ari saat saat dikonfirmasi, Kamis (13/10).

Dalam kasus ini, istri dari Munir, Suciwati mempertanyakan janji Presiden Joko Widodo dalam menuntaskan persoalan kasus hak asasi manusia. Suci menilai pemerintahan Jokowi tidak serius menyelesaikan permasalahan HAM yang ada di pemerintahan.

Menanggapi itu, Ari menganjurkan agar Suci melaporkan langsung keluhannya kepada Bareskrim Polri. Hal ini bertujuan agar Polri punya landasan hukum kuat untuk melakukan penyelidikan.

"Saya masih mau tanya dulu yang merasa kehilangan siapa. Tahunya dari mana hilang," tandas Ari.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian akan menugaskan anak buahnya untuk segera mencari keberadaan dokumen hasil kerja Tim Pencari Fakta (TPF) kasus meninggalnya Munir. 

Sebab, dokumen hasil kerja tim yang dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 111 Tahun 2004  itu hilang. "Memang saya belum tahu, tapi akan saya tanyakan ke Polda Metro Jaya," kata Tito di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Rabu (12/10).

JAKARTA - Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto akan menemui Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk membicarakan dokumen Tim Pencari Fakta (TPF)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News