Mudah Diucapkan tapi Sulit Diaplikasikan...

Mudah Diucapkan tapi Sulit Diaplikasikan...
Jajaran Kolinlamil sedang mengikuti kegiatan Peringatan 1 Tahun Baru Islam 1 Muharam 1438 Hijriyah/ 2016 Masehi. FOTO: Dok. Dispen Kolinlamil

jpnn.com - JAKARTA - Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) memperingati Tahun Baru Islam 1438 H/2016 M dengan menggelar ceramah agama. Penceramah K.H. Nurshofa Thahir di Gedung Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (13/10).

Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI I.G. Putu Wijamahaadi yang diwakili Asisten Personel (Aspers) Pangkolinlamil Kolonel Laut (E) Edi Suhara mengawali sambutannya dengan menyampaikan bahwa Tahun Baru Islam sudah sepantasnya diperingati bersama. Sehingga dapat mengambil hikmah serta mengetahui bagaimana perjuangan Nabi Muhammad SAW pada saat hijrah, kemudian dikenal sebagai awal dari penanggalan tahun Islam.

Pangkolinlamil juga menggarisbawahi tema peringatan kali ini adalah “Dengan Hikmah Peringatan Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah/2016 Masehi Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketakwaan Sebagai Landasan Moral dan Spiritual, Guna Mewujudkan TNI Yang Kuat, Hebat dan Profesional serta Dicintai Rakyat”.

"Semoga kita dapat mengaplikasikan tema tersebut, mengingat hal ini mudah diucapkan tapi sulit untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya, diperlukan sebuah perjuangan,” kata Pangkolinlamil dalam rilis Dispen Kolinlamil.

Sementara itu, K.H. Nurshofa Thahir selaku penceramah, membuka tausyiahnya menyampaikan sejarah mengenai peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW. Ia menyampaikan pentingnya mengedepankan akhlak Dallas kehidupan ini.

Nurshofa mengingatkan manusia saat ini belum sepenuhnya memfungsikan agama sebagai pembentukan karakter dan landasan akhlak seseorang dalam kehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu, untuk menuju kesempurnaan seorang hamba diperlukan pemahamanan dan pengamalan tiga hal.  Yaitu, menjunjung tinggi nilai-nilai kemusiaan, siap menghadapi persoalan dan tantangan kehidupan serta mengoptimalkan ritual malam serta sayangi anak yatim piatu.

Penceramah juga mengajak untuk melaksanakan hijrah atau berpindah, menjadi hamba yang lebih baik dengan mengamalkan ketiga hal tersebut.

“Apabila ketiga hal tersebut dapat dilaksanakan, maka Allah SWT berjanji akan menyediakan syurga di akhirat nanti” tegasnya.

JAKARTA - Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) memperingati Tahun Baru Islam 1438 H/2016 M dengan menggelar ceramah agama. Penceramah K.H. Nurshofa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News