Kasus Ujaran Kebencian

Bareskrim Jerat Ustaz Spesialis Ceramah Hari Kiamat

Bareskrim Jerat Ustaz Spesialis Ceramah Hari Kiamat
Gedung Bareskrim Polri. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri melayangkan surat panggilan kepada Ustaz Zulkifli Muhammad. Tujuannya adalah memeriksa ustaz yang sering berceramah tentang tanda-tanda kiamat itu terkait kasus dugaan ujaran kebencian.

Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Fadil Imran mengatakan, pihaknya akan memeriksa Ustaz Zulkifli besok (18/1). “Surat pemanggilan untuk dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka sudah dilayangkan," kata Fadil kepada JawaPos.com, Jakarta, Rabu (17/1).

Fadil menuturkan, Bareskrim Polri sudah menjerat Zulkifli sebagai tersangka penyebar ujaran kebencian bernuansa suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). Penyebabnya adalah isi ceramah Ustaz Zulkifli yang menjadi viral, namun dianggap meresahkan masyarakat.

"Ini kami dapat setelah patroli siber, menemukan video berdurasi dua menit yang dirasa mengandung unsur SARA," jelas Fadil.

Karena itu, polisi menjerat Zulkifli dengan undang-undang berlapis. Yakni UU Penghapusan Diskriminasi, Ras dan Etnis, serta UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).(ce1/rdw/JPC)


Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri melayangkan surat panggilan kepada Ustaz Zulkifli Muhammad yang kini menjadi tersangka kasus ujaran kebencian.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News