Basarah PDIP: Bung Karno Tokoh Legendaris yang Tidak Lekang Sejarah

Basarah PDIP: Bung Karno Tokoh Legendaris yang Tidak Lekang Sejarah
Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah. Foto: dok.JPNN

jpnn.com, JAKARTA SELATAN - Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan nama dan pemikiran Soekarno atau Bung Karno tetap abadi meski Proklamator RI itu sudah meninggal dunia 53 tahun lalu.

Dia mengatakan itu saat memberikan sambutan dalam Haul ke-53 Bung Karno yang dilaksanakan di Masjid At-Taufiq, Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (21/6).

"Bung Karno tokoh legendaris yang tidak lekang sejarah. 53 tahun lalu beliau wafat, tetapi namanya terus dibicarakan hingga hari ini," kata Basarah dalam pidatonya, Rabu.

Alumnus Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) mengatakan masih banyak akademisi yang mengulas pemikiran Bung Karno yang telah wafat 53 tahun lalu.

Dia bahkan mengatakan satu pemikiran Bung Karno berupa pidato telah ditetapkan sebagai dokumen sejarah oleh UNESCO.

"Dunia begitu mengagumi Bung Karno dan pemikiran Bung Karno. Dia bukan sekadar pemimpin bangsa Indonesia, tetapi pemimpin dunia," lanjut Basarah.

Dia melanjutkan sosok Bung Karno juga abadi di negara lain seperti Mesir yang dijadikan sebuah nama jalan.

"Nama Bung Karno diabadikan di negara lain. Di Mesir, Kota Kairo, kita menemukan nama jalan Ahmed Soekarno, bangsa Mesir menghormati jasa-jasa Bung Karno karena menjadi inspirasi kemerdekaan bangsa Mesir," ujar Basarah.

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan sosok Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno yang meninggal dunia 53 tahun lalu adalah tokoh legendaris.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News