Basarnas Dipuji, tapi Black Box Harus Segera Dicari

Basarnas Dipuji, tapi Black Box Harus Segera Dicari
Tim melakukan pencarian korban pesawat AirAsia QZ8501 . Foto: Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Farouk Muhammad mengapresiasi langkah Pemerintah melalui kerja keras Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) yang berhasil menemukan lokasi jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501  di perairan Selat Karimata, dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

“Sebuah pencapaian yang patut diapresiasi atas kerja keras tim Basarnas, TNI, Polri dan berbagai pihak yang telah berhasil menemukan lokasi jatuhnya pesawat AirAsia kurang 48 jam. Tentu usaha baik ini harus terus didukung dalam proses evakuasi, dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk fokus melakukan pencarian maupun identifikasi korban,” kata Farouk, di Gedung DPD, Senayan Jakarta, Rabu (31/12).

Keberhasilan tersebut lanjutnya, harus diikuti dengan menjaga optimalisasi proses berikutnya.

“Kami meminta Pemerintah agar proses evakuasi harus tuntas dan maksimal. Termasuk segera menemukan black box sebagai sumber analisis penyebab kecelakaan,” harapnya.

Menurut senator asal Nusa Tenggara Barat itu, banyak hikmah dan pembelajaran berharga dari kecelakaan ini. Di antaranya perlu pengelolaan industri jasa penerbangan yang semakin baik dengan berorientasi pada keselamatan penumpang dan peningkatan kemampuan teknis operasional penyelamatan bencana.

"Peristiwa kecelakaan pesawat komersial sepanjang tahun 2014 cukup banyak terjadi. Sebagai pelajaran berharga, sebaiknya Pemerintah, pengusaha industri penerbangan, dan otoritas jasa melakukan evaluasi yang menyeluruh dan berkala terhadap seluruh mekanisme operasional industri penerbangan nasional saat ini, terutama kemampuan deteksi cuaca buruk yang meminimalisir kecelakaan," tegasnya.

Selaku Pimpinan DPD RI, Farouk sekali lagi menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas musibah kecelakaan pesawat AirAsia rute Surabaya-Singapura itu dan turut berduka cita atas jatuhnya korban jiwa. (fas/jpnn)

 


JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Farouk Muhammad mengapresiasi langkah Pemerintah melalui kerja keras Badan Search and Rescue


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News