Basarnas Kini Punya Command Center, Fungsinya...

Basarnas Kini Punya Command Center, Fungsinya...
Menteri Perhubungan Ignatius Jonan, Kepala Basarnas Marsekal Madya FHB Soelistyo, dan mantan Menteri Perhubungan Fredy Numberi saat menghadiri acara peresmian Command Center di kantor Basarnas, Jakarta, Senin (29/2). FOTO: ist for jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Badan SAR Nasional (BASARNAS) meresmikan Command Center pada Senin (29/2) di Kantor Basarnas, Jakarta, Senin (29/2). Command Center merupakan fasilitas terpadu untuk mempermudah koordinasi, pengendalian dan pemantauan pelaksanaan operasi. 

"Operasi SAR membutuhkan kecepatan dalam mengambil suatu keputusan. Command Center bertujuan untuk tim di lapangan sehingga dapat bekerja secara terstruktur dan hasil operasinya dapat dilihat," kata Kepala Basarnas Marsekal Madya FHB Soelistyo di Jakarta (29/2).

Lebih lanjut dia mengatakan, fungsi  Command Center adalah menerima laporan terjadinya kecelakaan, bencana, dan kondisi yang membahayakan manusia. 

Selain itu Command Center juga berfungsi untuk melaksanakan koordinasi dengan instansi atau organisasi potensi SAR terkait pelaksanaan operasi SAR, melaksanakan koordinasi, kerjasama dan pertukaran informasi dengan negara lain dalam pelaksanaan operasi SAR. Serta, mengendalikan serta memantau pergerakan unit SAR dalam pelaksanaan operasi SAR. 

Pembangunan Basarnas Command Center ini sebagai upaya untuk mendukung keanggotaan Indonesia dalam ICAO Council dan lobi Indonesia dalam rangka pengaturan ulang wilayah udara NKRI yang termasuk dalam FIR Singapore. 

"Kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik untuk rakyat khususnya di bidang SAR," kata Soelistyo.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Ignatius Jonan mengapresiasi pengembangan Command Center yang dibangun Basarnas. 

Kata dia, Command Center merupakan satu upaya yang sangat kreatif dalam memonitor adanya kejadian bencana sehingga penanganannya lebih cepat. 

JAKARTA - Badan SAR Nasional (BASARNAS) meresmikan Command Center pada Senin (29/2) di Kantor Basarnas, Jakarta, Senin (29/2). Command Center

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News