BATAM: Baru 500 Guru Tersertifikasi

BATAM: Baru 500 Guru Tersertifikasi
BATAM: Baru 500 Guru Tersertifikasi
BATAM  - Masih cukup banyak guru yang belum tersertifikasi. Contohnya di Batam. Dinas pendidikan (Disdik) Kota Batam mencatat jumlah guru di Batam sebanyak 8.200. Dari jumlah tersebut hanya 500 guru yang sudah tersertifikasi. Karena belum tersertifikasi, tunjangan fungsional dari pemerintah pusat sebesar Rp250 ribu per bulan. Berbeda dengan yang sudah tersertifikasi, mereka mendapatkan tunjangan sertifikasi sebesar 1 bulan gaji.

 "Guru yang telah tersertifikasi tak lagi mendapatkan tunjangan fungsional," terang Kepala Disdik Kota Batam Muslim Bidin, kemarin (5/6).  Dia membeberkan data, guru PNS di Batam tercatar sekitar 2.370 dan sisanya atau sekitar 5.830 tercatat sebagai guru non PNS. Dikatakan. dari jumlah guru yang sudah tersertifikasi, mayoritas merupakan guru PNS.

Dijelaskan, Muslim pada tahun 2009 lalu, 300 guru di Batam mengikuti sertifikasi. Untuk tahun 2010 ini, dia mengaku belum tahu berapa guru yang akan mengikuti sertifikasi. Alasannya, kuotanya diatur Disdik Provinsi Kepri.

Dia menjelaskan syarat untuk bisa mengikuti sertifikasi. Yakni, guru harus sudah mengajar lebih dari lima tahun, minimal pendidikan S1 dan menyerahkan fortopolio yang berisi identitas diri, hasil apa saja yang telah diraih selama mengajar serta sertifikat apa saja yang sudah di dapat. "Baik guru PNS maupun non PNS bisa mengikuti sertifikasi guru," jelasnya.

BATAM  - Masih cukup banyak guru yang belum tersertifikasi. Contohnya di Batam. Dinas pendidikan (Disdik) Kota Batam mencatat jumlah guru di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News