Kamis, 21 Maret 2019 – 13:16 WIB

Batam Butuh Tambahan 48 Unit Bus Trans Agar Semua Daerah Terlayani

Sabtu, 16 Maret 2019 – 03:58 WIB
Batam Butuh Tambahan 48 Unit Bus Trans Agar Semua Daerah Terlayani - JPNN.COM

jpnn.com, BATAM - Jumlah transportasi umum jenis bus di kota Batam ternyata belum memadai, bahkan masih jauh dari ideal. Saat ini, Batam hanya dilayani 82 unit bus Trans Batam. Padahal idealnya, untuk ukuran kota Batam harusnya ada sekitar 130 unit bus yang beroperasi.

Artinya, masih ada kekurangan sekitar 48 armada lagi untuk bisa mengakomodir semua daerah di Batam.

”Jadi, jumlah yang ada saat ini masih sangat minim. Apalagi belum semua armada yang ada bisa beroperasi setiap harinya,” kata Aji, pengawas bus Trans Batam, Kamis (14/3).

Aji mengatakan, dari jumlah armada yang ada, yang rutin setiap hari beroperasi hanya 57 unit. Ada beberapa yang dijadikan cadangan dan ada beberapa yang sudah afkir atau dikandangkan.

”Jadi, bukan semuanya bisa digunakan. Pokoknya kita maksimalkan apa yang ada sekarang ini untuk melayani masyarakat,” katanya.

Dia mengatakan, saat ini setiap armada baru bisa diberangkatkan setiap 15-20 menit sekali. Bahkan, untuk koridor Batuaji-Batam Center, jeda-nya mencapai 30 menit sekali. ”Kalau sudah ada ratusan bus, maka akan lebih singkat waktunya. Kita berharap setiap tahunnya mendapat tambahan bus,” katanya.

Sementara itu, sejumlah warga pengguna Trans Batam meminta agar Pemko memperbanyak armada sehingga tidak terlalu lama menunggu di halte. Warga memuji pelayanan Trans Batam sudah bagus. Terutama, tarifnya yang ekonomis.

”Hanya masalah waktu saja. Maunya ditambah. Jadi kita menunggu di halte tidak terlalu lama. Kalau mau kerja kadang kita takut naik Trans Batam, takut kelamaan me­nunggu. Kalau pelayanan di dalam memang sudah bagus,” kata Risda, warga Perumahan Parisa Indah, Sagulung.

Risda mengaku sering menggunakan Trans Batam jika hendak ke Batam Center. Bahkan, ke Tanjungpiayu dia naik Trans Batam.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar