Batik Asli Pekalongan Kini Ditempel Hologram

Batik Asli Pekalongan Kini Ditempel Hologram
Pengenalan hologram batik asli Pekalongan di Jakarta. Kamis (26/4). Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Sebagai bentuk kepedulian terhadap keaslian batik Pekalongan, ASEPHI mengeluarkan stiker hologram yang dipakai para pedagang batik peserta INACRAFT.

Hologram batik asli ini menandai perlindungan batik tulis, cap atau kombinasi tulis cap, khususnya kepada konsumen.

Penggunaan hologram batik ini diinisiasi oleh BPC ASEPHI Pekalongan.

Ketua Umum Badan Pengurus Cabang Asephi Pekalongan, Rommy Oktabirawa, Hologram batik ini menandai perlindungan batik tulis, cap atau kombinasi tulis cap, khususnya kepada konsumen.

"Ini juga dalam rangka memberikan edukasi kepada khalayak bahwa batik adalah proses, bukan dinilai dari motif. Selama ini masyarakat menganggap produk bermotif adalah batik,” kata Rommy di Jakarta, Kamis (26/4).

Seperti diketahui, batik masuk dalam daftar representatif sebagai budaya tak beda warisan manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) oleh UNESCO.

Selanjutnya, kata Rommy, penggunaan hologram batik asli ini diawali di Pekalongan dan daerah Jawa Tengah mulai 2018.

“Kami sepakat mendukung upaya pelestarian batik asli dan memberikan edukasi pada masyarakat pembeli dan pencinta batik,” ucap Rommy.

Bagi kamu pencinta batik Pekalongan, kini tak usah risau mendapat barang palsu karena ASEPHI telah mengeluarkan hologram penanda keaslian batik tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News