Batuk di Malam Hari, Atasi dengan 5 Cara Ini

Batuk di Malam Hari, Atasi dengan 5 Cara Ini
Paru-paru. Foto: Pixabay

jpnn.com - Batuk di malam hari adalah salah satu masalah kesehatan yang sering ditemukan di kalangan masyarakat. Meski terlihat sepele, keluhan ini bisa menganggu tidur. Akibatnya penderita jadi terjaga sepanjang malam sehingga keesokan harinya badan terasa lemas, produktivitas pun terganggu.

Nah, bagi orang-orang yang ingin terbebas dari keluhan batuk di malam hari, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi keluhan tersebut:

1. Minum segelas teh hangat
Segelas teh hangat terbukti mampu meredakan batuk. Untuk menambah rasa dan manfaat, Anda bisa menambahkan satu sendok lemon, madu, atau daun min ke dalam teh tersebut. Kombinasi ini bisa mengurangi rangsangan batuk pada tenggorokan Anda.

2. Tinggikan posisi kepala saat tidur
Salah satu penyebab batuk pada malam hari adalah Gastroesophageal Reflux Diseaseatau GERD. Ini adalah kondisi di mana asam lambung kembali ke arah kerongkongan dan bisa menyebabkan gejala-gejala, seperti nyeri ulu hati, rasa pahit di ujung lidah, perut terasa begah, dada terasa terbakar, dan batuk.

Apabila batuk yang dialami berhubungan dengan GERD, tinggikan kepala Anda saat tidur dengan memberikan dua atau tiga bantal tambahan. Tindakan ini mampu mengurangi kemungkinan naiknya asam lambung ke kerongkongan, sehingga risiko terjadinya batuk di malam hari bisa diminimalkan.

3. Siapkan obat dan segelas air hangat
Jika Anda sering mengalami batuk di malam hari, jangan lupa untuk menyiapkan air hangat dan obat batuk di samping tempat tidur. Jika di pertengahan tidur Anda mengalami batuk, jangan sungkan untuk langsung minum air hangat yang telah disiapkan. Jika memungkinkan, minum juga obat batuk agar keluhan bisa segera reda dan Anda bisa kembali tidur dengan nyenyak.

4. Hindari makanan berminyak
Jika Anda sedang batuk, hindari segala jenis makanan yang digoreng. Faktanya, minyak yang terkandung pada makanan yang digoreng dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan memperburuk gejala batuk yang Anda alami.

5. Jaga kebersihan kamar
Batuk di malam hari bisa terjadi akibat alergi. Kondisi ini biasanya terjadi jika Anda terpapar oleh alergen, seperti tungau, debu, bulu hewan, dan lainnya.

Meski terlihat sepele, keluhan ini bisa menganggu tidur. Akibatnya penderita jadi terjaga sepanjang malam sehingga keesokan harinya badan terasa lemas, produktivitas pun terganggu.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News