Bawang Kerek Inflasi Maret

Tradisi Deflasi Sulit Terulang

Bawang Kerek Inflasi Maret
Bawang Kerek Inflasi Maret
JAKARTA - Kenaikan harga bawang putih telah berkontribusi besar menyumbang inflasi Februari lalu. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), bulan lalu inflasi tercatat 0,75 persen dan 0,12 persen disumbang oleh harga bawang putih.

Padahal saat itu, harga bawang masih berkisar Rp 30 ribuan, sedangkan di bulan Maret ini harga tengah mencapai tiga kali lipatnya. Kenaikan harga bawang putih itu juga diikuti oleh bawang merah dan cabai. Dengan kondisi demikian, dipastikan inflasi Maret bakal terkerek.      

Sekretaris Komite Ekonom Nasional (KEN) Aviliani menegaskan, inflasi pasti akan naik dari bulan lalu. "Di atas 0,75 persen di bawah 0,8 persen. Tapi kontribusi bawang putih mungkin bisa dua kali lipat dari bulan lalu," terangnya pada Jawa Pos saat dihubungi kemarin.     

Ia menerangkan, bawang putih bukanlah merupakan komoditi utama penggerak inflasi. Komoditi makanan utama yang berpengaruih besar mendorong inflasi yaitu beras yakni 0,3 persen. Sedangkan bawang putih hanya 0,14 persen dan bawang merah 0,1 persen.

JAKARTA - Kenaikan harga bawang putih telah berkontribusi besar menyumbang inflasi Februari lalu. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), bulan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News