Bayar Rp30 Juta untuk Jadi PNS

Bayar Rp30 Juta untuk Jadi PNS
Bayar Rp30 Juta untuk Jadi PNS

jpnn.com - KESAMBI– Sedikitnya 411 honorer kategori dua (K-2) telah menggelar tes CPNS beberapa hari lalu di SMAN 1 Cirebon. Secara umum, perjalanan honorer K-2 tersebut berjalan lancar, namun tetap saja ada kejadian di belakang layar.

 

Salah satu honorer K-2 yang telah mengikuti tes tersebut, mengaku telah menyerahkan uang Rp30 juta kepada salah satu oknum pejabat PNS yang ada di salah satu SKPD Pemkot Cirebon.

 

Dalam kesempatan bertemu Radar (Grup JPNN) di salah satu lokasi di Jl Brigjen Darsono, honorer K-2 tersebut menceritakan keluh kesahnya. “Saya berpikir akan lulus menjadi PNS dengan membayar uang segitu (Rp30 juta),” terangnya membuka percakapan dengan Radar, kemarin. Namun, dalam perjalanannya dia menyadari nilai Rp30 juta itu terlalu rendah untuk harga PNS.

Honorer K-2 itu baru menyadari setelah bertanya ke sana kemari tentang “harga pasaran” menjadi PNS. Bujuk rayu pejabat tersebut, seolah menjadi magnet bagi dia untuk menyerahkan uang yang dipinjamnya dari salah satu bank tersebut. Selain itu, sang pejabat meyakinkan dirinya, agar tidak membuka hal ini kepada siapapun. Sebab, jika terbuka dan ada yang mengetahui, dikhawatirkan akan menjadi persoalan dan sandungan perjalanan honorer itu menjadi PNS.

“Namanya dijanjikan jadi PNS, saya mau saat ditawarkan harga Rp30 juta,” terangnya dengan wajah penuh penyesalan. Namun, nasi sudah menjadi bubur. Uang telah diserahkan dan belum dikembalikan. Padahal, temannya sesama honorer K-2 telah mengingatkan agar tidak melakukan praktik seperti itu.

Namun, bujuk rayu pejabat itu mampu menggoyahkan keyakinan honorer tersebut untuk tidak melakukan aksi jual beli kursi. Salah satu temannya yang juga honorer mengungkapkan, dia sudah mengingatkan lebih jauh akan akibat perbuatan menyuap oknum pejabat dengan janji lulus PNS. Jika akhirnya memang dinyatakan lulus menjadi PNS, hal itu diyakini bukan karena bantuan oknum pejabat tersebut, melainkan karena hasil usahanya sendiri.

KESAMBI– Sedikitnya 411 honorer kategori dua (K-2) telah menggelar tes CPNS beberapa hari lalu di SMAN 1 Cirebon. Secara umum, perjalanan honorer

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News