Bayi Persalinan Sesar Lebih Rentan Penyakit

Bayi Persalinan Sesar Lebih Rentan Penyakit
Bayi Persalinan Sesar Lebih Rentan Penyakit
NEW YORK - Proses persalinan ternyata berpengaruh terhadap perkembangan seorang anak. Percaya atau tidak, sebuah penelitian baru yang mengamati lebih dari 10 ribu bayi di Inggris menemukan bahwa anak hasil persalinan operasi sesar (section C) berpotensi tumbuh lebih gemuk dibandingkan dengan kelahiran normal.

Penelitian yang dipimpin Dr Jan Blustein dari New York University of Medicine, menganalisa data pada total 10.219 anak yang lahir Inggris antara tahun 1991 dan 1992. "Ada konsekuensi jangka panjang yang kita tidak tahu bagi anak-anak terkait dengan operasi sesar," kata Dr Blustein seperti dilansir medicalnewstoday (27/5).

Bahkan, ada risiko kesehatan terkait dengan proses persalinan melalui operasi. Satu studi menunjukkan bahwa bayi yang dilahirkan melalui C-section, lima kali lebih mungkin menderita alergi pada usia dua tahun daripada mereka yang lahir secara alami.

Lebih lanjut dijelaskannya, US Centers for Disease Control and Prevention menyebutkan sekitar 33 persen dari kelahiran di Amerika Serikat dewasa ini melalui sesar.  Jumlah ini menunjukkan adanya peningkatan metode persalinan melalui tindakan medis salah satunya karena ketidaktahuan resiko.

NEW YORK - Proses persalinan ternyata berpengaruh terhadap perkembangan seorang anak. Percaya atau tidak, sebuah penelitian baru yang mengamati lebih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News