BAZNAS Siapkan 100 Ribu Masker untuk Korban Erupsi Tangkuban Perahu

BAZNAS Siapkan 100 Ribu Masker untuk Korban Erupsi Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat saat erupsi yang terjadi Jumat pukul 15.48 WIB. Foto: istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyiapkan 100 ribu masker bagi korban erupsi Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat.

Masker menjadi kebutuhan penting karena tinggi kolom abu yang mencapai 200 meter di atas puncak 2.284 meter membuat warga sekitar dan wisatawan terganggu pernafasannya.

“Masker yang BTB (Baznas Tanggap Bencana) bawa akan dibagikan kepada warga dan pengunjung Tangkuban Perahu yang saat ini masih terjebak di lokasi bencana,” kata Kepala BTB, Dian Aditya Mandana Putri dalam siaran tertulisnya, Jumat (26/7).

Ia mengatakan, Tim BTB Kabupaten Bandung Barat telah berada di Markas Komando Brigade Mobil (Mako Brimob) Lembang yang berada tak jauh dari lokasi. Sementara para personil BTB Provinsi Jawa Barat langsung menuju lokasi kejadian untuk melakukan penanganan awal. Jarak pandang berkurang dan udara kotor akibat abu yang menyelimuti kawasan wisata tersebut.

BACA JUGA: Tangkuban Perahu Erupsi, Jokowi Minta Masyarakat Waspada

“Pembagian masker akan dilakukan mulai malam ini hingga masa tanggap darurat berlangsung untuk mengurangi resiko gangguan pernafasan bagi warga dan wisatawan,” ungkapnya.

Dalam melaksanakan aksinya, BTB berkoordinasi dengan Taruna Tanggap Bencana (Tagana) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Direktur Utama BAZNAS, Arifin Purwakananta mengatakan, pihaknya berharap tidak ada korban jiwa dari peristiwa erupsi Tangkuban Perahu.

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyiapkan 100 ribu masker bagi korban erupsi Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News