BBM Naik, Inflasi Masih Terkendali

BBM Naik, Inflasi Masih Terkendali
BBM Naik, Inflasi Masih Terkendali
JAKARTA - Dampak kenaikan harga BBM bersubsidi terhadap potensi kenaikan harga barang dan jasa diyakini hanya bersifat jangka pendek. Kajian dari Bank Indonesia (BI) menyebutkan, tingkat inflasi sebagai akibat dari kebijakan pemerintah tersebut masih akan terkendali.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, kenaikan harga atau inflasi memang tidak bisa dihindarkan dari kebijakan penyesuaian harga BBM. "Tapi, dampaknya hanya short term, sementara saja," ujar Perry, Sabtu (20/4).

Menurut Perry, tinggi rendahnya laju inflasi bergantung kepada kebijakan yang akan diberlakukan pemerintah. Jika harga BBM bersubsidi dinaikkan untuk semua jenis kendaraan, inflasi bakal cukup tinggi. "Jika kenaikan diberlakukan pada segmen tertentu, misalnya mobil pribadi, dampak inflasi bisa lebih rendah," katanya.

Meski demikian, kata Perry, pemerintah juga harus menyiapkan strategi untuk meminimalkan dampak inflasi pada masyarakat berpendapatan rendah atau miskin. "Ini kelompok yang rentan," ujarnya.

JAKARTA - Dampak kenaikan harga BBM bersubsidi terhadap potensi kenaikan harga barang dan jasa diyakini hanya bersifat jangka pendek. Kajian dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News