BBM Subsidi Bocor, Menteri ESDM Salahkan Pemda

BBM Subsidi Bocor, Menteri ESDM Salahkan Pemda
BBM Subsidi Bocor, Menteri ESDM Salahkan Pemda
JAKARTA--Menteri Energi Sumber Daya Mineral Darwin Saleh mengeluhkan kurangnya peran serta pemerintah daerah dalam program pengawasan subsidi bahan bakar minyak (BBM) sebagai salah satu penyebab kebocoran sumber energi tersebut. Tak ingin mengulangi kesalahan yang sama, Darwin, mengaku akan lebih mengoptimalkan peran Pemda dalam pengetatan subsidi BBM.

"Selama ini Pemda belum berperan aktif dalam pengawasan penyaluran BBM bersubsidi. Kerja bupati/walikota hanya sekadar mengusulkan kuota BBM ke pemerintah, setelah itu tidak ada lagi," keluh Darwin dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Senin (10/10).

Kurangnya perhatian Pemda ini, terangnya, membuat mekanisme penyaluran BBM subsidi tidak terkontrol. Siapa saja bisa mendapatkan BBM subsidi. Parahnya, ketika terjadi kekosongan BBM, Bupati/Walikota lagi-lagi meminta penambahan kuota dengan alasan jatahnya kurang.

"Pemda akan bergerak lagi kalau ada antrian dengan alasan kuotanya kurang. Padahal belum tentu kurang, tapi karena tersedot kendaraan pribadi," cetusnya.

JAKARTA--Menteri Energi Sumber Daya Mineral Darwin Saleh mengeluhkan kurangnya peran serta pemerintah daerah dalam program pengawasan subsidi bahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News