BBPLK Medan Dukung Pengembangan Pariwisata Danau Toba

BBPLK Medan Dukung Pengembangan Pariwisata Danau Toba
Lunjungan kerja reses Komisi IX DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Komisi IX Saleh Partaonan Daulay di BBPLK Medan. Foto: Kemnaker

jpnn.com, MEDAN - Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan siap mendukung pengembangan pariwisata Danau Toba yang telah ditetapkan pemerintah menjadi salah satu objek wisata prioritas "10 Bali Baru".

"Kementerian Ketenagakerjaan mendukung pengembangan pariwisata Danau Toba dengan terus mengencarkan jenis-jenis pelatihan vokasi di sektor pariwisata yang diselenggarakan BBPLK Medan," kata R Irianto Simbolon Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga di Medan, Sumatera Utara, pada Sabtu (27/7).

Hal tersebut diungkapkan Irianto saat mendampingi kunjungan kerja reses Komisi IX DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Komisi IX Saleh Partaonan Daulay di BBPLK Medan.

 

BACA JUGA: Kolaborasi Tiga Negara Perkuat Informasi Pasar Kerja dan Pengakuan Kompetensi Keterampilan

Irianto mengatakan pemerintah menjadikan sektor pariwisata sebagai prioritas pembangunan ekonomi nasional. Target membangun "10 Bali Baru", termasuk Danau Toba, bakal magnet wisata baru yang menjadi favorit wisatawan domestik dan mancanegara. Pengembangan pariwisata Danau Toba, kata Irianto, diharapkan memberikan dampak nyata bagi masyarakat, terutama meningkatkan perekonomian, memperluas kesempatan kerja dan mengurangi angka pengangguran di sekitar wilayah Sumatera Utara.

"Namun untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja profesional di bidang pariwisata harus dilakukan peningkatan kualitas dan kapasitas pelatihan kerja vokasi yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta," kata Irianto.

BACA JUGA: Koperasi Pekerja Migran, Cegah Risiko Jeratan Utang Rentenir

BBPLK Medan siap mendukung pengembangan pariwisata Danau Toba yang telah ditetapkan pemerintah menjadi salah satu objek wisata prioritas "10 Bali Baru".

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News