Bea Cukai Ajak Mahasiswa Pahami Aturan Kepabeanan dan Cukai

Bea Cukai Ajak Mahasiswa Pahami Aturan Kepabeanan dan Cukai
Bea Cukai mengajak para pelajar dan mahasiswa untuk memegang peran menyebarluaskan informasi kebijakan aturan kepabeanan dan cukai. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai mengajak para pelajar dan mahasiswa untuk memegang peran menyebarluaskan informasi kebijakan pemerintah terhadap aturan kepabeanan dan cukai yang berlaku.

Dengan menjalin komunikasi tersebut mahasiswa mampu membantu pemerintah membawa Indonesia menjadi negara yang semakin baik, adil, makmur, dan sejahtera.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana mengatakan sebagai instansi kepabeanan yang mengemban fungsi sebagai fasilitator industri terus berupaya merangkul kalangan akademisi untuk bersinergi dalam mendiseminasikan informasi kebijakan pemerintah dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan kepabeanan dan cukai yang berlaku.

Upaya tersebut diwujudkan Bea Cukai melalui program customs goes to school/campus, yaitu sebuah ajang sosialisasi aturan kepabeanan dan cukai kepada pelajar dan mahasiswa yang digelar kantor pelayanan Bea Cukai.

Hatta menyebutkan bentuk sinergi Bea Cukai dan komunitas akademis ditunjukkan dengan mengundang IAIN Cot Kala Langsa dalam rangka pemanfaatan dan penelitian yang bekerja sama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Adapun topik penelitian yang dilakukan oleh jajaran dosen FEBI IAIN Cot Kala Langsa di antaranya pemanfaatan limbah tandan kosong kelapa sawit, kinerja peremajaan sawit rakyat untuk sawit Aceh yang berkelanjutan, dan pemanfaatan limbah sawit sirkular bagi kesejahteraan masyarakat.

“Kami berharap ketiga instansi dapat bekerja sama dalam bidang akademik dan pengembangan kesejahteraan masyarakat melewati penelitian ini,” ujar dia.

Sinergi Bea Cukai dengan komunitas akademis juga terjalin di Banyuwangi.

Bea Cukai mengajak para pelajar dan mahasiswa untuk memegang peran menyebarluaskan informasi kebijakan aturan kepabeanan dan cukai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News