Bea Cukai Bahas Prosedur & Tip Sukses Ekspor Bareng UMKM Pangkep

Bea Cukai Bahas Prosedur & Tip Sukses Ekspor Bareng UMKM Pangkep
Bea Cukai berperan aktif dalam mendukung sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar dapat mengekspor produknya. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai berperan aktif dalam mendukung sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar dapat mengekspor produknya.

Dalam upaya mendorong UMKM agar dapat go global, Bea Cukai menggelar kegiatan sosialisasi prosedur ekspor dan membagikan tips sukses ekspor kepada para pelaku UMKM di sejumlah daerah, seperti di Pangkep, Sulawesi Selatan dan Cirebon, Jawa Barat.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar mengatakan kegiatan ini tidak lepas dari upaya perwujudan tugas dan fungsi Bea Cukai, yaitu sebagai industrial assistance dan trade facilitator.

"Kami berupaya memasyarakatkan aturan kepabeanan, khususnya di bidang ekspor, agar semakin banyak pelaku UMKM yang dapat merealisasikan ekspor produknya," ungkap Encep, Selasa (5/12).

Di Pangkep, perwakilan Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) menjadi narasumber dalam acara Pelatihan dan Pendampingan Tahap Dasar dan Lanjutan UMKM Berorientasi Go Global.

Di hadapan 150 pelaku UMKM Kabupaten Pangkep, petugas Bea Cukai memberikan gambaran peran dan fungsi Bea Cukai dalam mendukung UMKM agar dapat bersaing secara global, juga seluk beluk prosedur ekspor bagi para pelaku UMKM.

"Setelah pelatihan, akan dipilih 20 pelaku UMKM yang akan mendapatkan pendampingan khusus untuk mempersiapkan mereka menghadapi era digitalisasi," ujarnya.

"Kami berharap pelatihan dan materi yang kami berikan dapat berkontribusi positif dalam meningkatkan kualitas UMKM, mempersiapkan mereka untuk naik kelas ke level internasional, dan bersaing dengan sukses di pasar global," sambung Encep.

Bea Cukai berperan aktif dalam mendukung sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar dapat mengekspor produknya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News