Bea Cukai Bangkitkan Semangat Ekspor Produk Lokal Melalui Program Asistensi

Bea Cukai Bangkitkan Semangat Ekspor Produk Lokal Melalui Program Asistensi
Bea Cukai memberikan pemahaman tentang ketentuan kepabeanan dan cukai kepada pelaku usaha. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai kembali menggelar asistensi untuk memberikan pemahaman terkait ketentuan di bidang ekspor serta meningkatkan semangat pelaku usaha di berbagai daerah.

Untuk mendukung potensi ekspor Provinsi Jambi, Bea Cukai turut hadir dalam acara Gathering Milad ILMI Ke-I dan Diklatsar ILMI Region Jambi 2022 yang diselenggarakan Inspirator Lebah Madu Indonesia (ILMI) Region Jambi (27/8). 

Kegiatan ini dihadiri Pusat, Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Dinas Peternakan Provinsi Jambi, Balai Karantina Pertanian Kelas I Jambi, serta para Petani Madu yang tergabung dalam ILMI Region Jambi.

Sementara itu, mendukung pengusaha lokal di Minahasa Utara, Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara melakukan Customs Visit Customers (CVC) ke salah satu pabrik pengolahan porang, yaitu CV Sinar Argo Tani, (24/8). 

Kunjungan lapangan tersebut sekaligus meninjau langsung proses perakitan mesin processing chip porang yang sudah 85% kondisi terpasang. 

Diperkirakan setelah proses perakitan selesai, perusahaan akan melakukan realisasi ekspor pada pertengahan September 2022 nanti. 

Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan bahwa Bea Cukai siap memberikan dukungan mulai dari kegiatan impor hingga pelaksanaan ekspor atas hasil produksi chip porang dari pelaku Minahasa Utara ini. 

“Kami bersama pemerintah daerah akan terus bersinergi dalam mendukung ekspor komoditi lokal seperti porang ini melalui aksi pendampingan kepada masyarakat, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan ekspor. Tentu agar lebih efektif efesien sekaligus memberikan bukti bahwa ekspor itu mudah,” ujar Hatta. 

Lewat asistensi, Bea Cukai terus menggelorakan semangat ekspor produk lokal. Simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News